Menjadi seorang pendidik mungkin menjadi sebuah passion bagi orang tertentu yang memang sudah memiliki rasa suka dengan dunia pendidikan. Mungkin anda yang sedang membaca tulisan ini adalah satu orangya yang suka dengan dunia pendiidkan, yakni mengajar menjadi seorang guru.
Namun, menjadi guru bukanlah sebuah profesi yang mudah untuk dilakukan. Diperlukan berbagai kemampuan dan kompetensi yang mummpuni agar dapat mengajar sekaligus mendidik dengan baik dan sesuai dengan perkembangan peserta didik yang sedang dibimbing.
Tahukah anda bahwa mendidik juga perlu kesabaran ekstra dan kemampuan pedagogis serta kemampuan menejemen yang baik. Untuk mendapatkan semua hal tersebut dapat berlangsung secara optimal, maka anda harus mampu mengajar secara efektif. Apakah anda sudah pernah mendengarkan istilah pengajaran atau pembelajaran yang efektif? Baik, Tugas Kuliah kali ini kita akan berbagi informasi mengenai pembelajaran yang efektif.
Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada peserta didik untuk mencapai hasil belajar. Sehingga ada peristiwa belajar itu sendiri pada peserta didik dengan bantuan bimbingan guru sebagai pendidik yang memfasilitasi kegiatan belajarnya. Sedangjan kalau kita telaah di KBBI, kata efektif berkaitan dengan kata efek, efektif berarti menimbulkan akibat, manjur, berhasil dan berlaku. Dari kata tersebut efektif bisa dibilang sebagai suatu akibat yang mengarah positif dan berhasil. Dari penjelasan singkat sebelumnya, maka dapat kita simpulkan bahwa pembelajaran efektif adalah suatu pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan dapat tercapai tujuan pembelajaran sesuai dengan harapan.
Ada beberapa ciri atau bisa juga disebut sebagai prinsip dalam pembelajaran sehingga pembelajaran terdebut dapat disebut sebagai pembelajaran yang efektif.Sehingga nanti anda dapat menilai diri anda sendiri melalui deksripsi beberapa prinsip pembelajaran di bawah ini.
Prinsip pembelajaran efektif adalah sebagai berikut:
1. Pembelajaran disesuai dengan mempertimbangkan tahap perkembangan peserta didik
2. Pembelajaran juga harus mempertimbangkan tingkat pencapaian peserta didik
3. Pencapaian hasil belajar disesuiakan dnean kebutuhan siswa
4. Pembelajaran hendaknya dilakukan dengan mementingkan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi peserta didik
5. Pembelajaran dapat membangun kapasitas siswa untuk dapat menjadi pembelajar sepanjang hayat atau dapat menjadi seseorang yang mampu untuk selalu belajar sepanjang hidupnya
6. Pembelajaran dapat mendukung kompetensi peserta didik secara menyeluruh yakni dari kompetensi kognitif, afktif, dan kompetensi psikomotor
Demikian penjelasan mengenai prinsip pembelajaran efektif . Bagaimana? sudahkah anda merasa bahwa anda sudah melakuakan pembelajaran efektif di kelas? semoga dengan anda membaca artikel ini, kemampuan anda untuk mengajar dapat berlangsung lebih baik dan efktif, agar sesuai dengan tujuan dan kebutuhan belajar peserta didik
- Contoh tugas infografis pembelajaran berdiferensiasi
- Contoh analisis sederhana perkembangan peserta didik
- Contoh aksi nyata menciptakan pembelajaran yang efektif
- Makalah Teori Belajar
Komentar
Posting Komentar