Langsung ke konten utama

Pembelajaran yang Efektif

10 Characteristics of Effective Learning and How to Observe Them


        Menjadi seorang pendidik mungkin menjadi sebuah passion bagi orang tertentu yang memang sudah memiliki rasa suka dengan dunia pendidikan. Mungkin anda yang sedang membaca tulisan ini adalah satu orangya yang suka dengan dunia pendiidkan, yakni mengajar menjadi seorang guru. 

        Namun, menjadi guru bukanlah sebuah profesi yang mudah untuk dilakukan. Diperlukan berbagai kemampuan dan kompetensi yang mummpuni agar dapat mengajar sekaligus mendidik dengan baik dan sesuai dengan perkembangan peserta didik yang sedang dibimbing. 

        Tahukah anda bahwa mendidik juga perlu kesabaran ekstra dan kemampuan pedagogis serta kemampuan menejemen yang baik. Untuk mendapatkan semua hal tersebut dapat berlangsung secara optimal, maka anda harus mampu mengajar secara efektif. Apakah anda sudah pernah mendengarkan istilah pengajaran atau pembelajaran yang efektif? Baik, Tugas Kuliah kali ini kita akan berbagi informasi mengenai pembelajaran yang efektif.

       Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada peserta didik untuk mencapai hasil belajar. Sehingga ada peristiwa belajar itu sendiri pada peserta didik dengan bantuan bimbingan guru sebagai pendidik yang memfasilitasi kegiatan belajarnya. Sedangjan kalau kita telaah di KBBI, kata efektif berkaitan dengan kata efek, efektif berarti menimbulkan akibat, manjur, berhasil dan berlaku. Dari kata tersebut efektif bisa dibilang sebagai suatu akibat yang mengarah positif dan berhasil. Dari penjelasan singkat sebelumnya, maka dapat kita simpulkan bahwa  pembelajaran efektif adalah suatu pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan dapat tercapai tujuan pembelajaran sesuai dengan harapan. 

        Ada beberapa ciri atau bisa juga disebut sebagai prinsip dalam pembelajaran sehingga pembelajaran terdebut dapat disebut sebagai pembelajaran yang efektif.Sehingga nanti anda dapat menilai diri anda sendiri melalui deksripsi beberapa prinsip pembelajaran di bawah ini. 

Prinsip pembelajaran efektif adalah sebagai berikut:

1. Pembelajaran disesuai dengan mempertimbangkan tahap perkembangan peserta didik

2. Pembelajaran juga harus mempertimbangkan tingkat pencapaian peserta didik

3. Pencapaian hasil belajar disesuiakan dnean kebutuhan siswa

4. Pembelajaran hendaknya dilakukan dengan mementingkan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi peserta didik 

5. Pembelajaran dapat membangun kapasitas siswa untuk dapat menjadi pembelajar sepanjang hayat atau dapat menjadi seseorang yang mampu untuk selalu belajar sepanjang hidupnya

6.  Pembelajaran dapat mendukung kompetensi peserta didik secara menyeluruh yakni dari kompetensi kognitif, afktif, dan kompetensi psikomotor

        Demikian penjelasan mengenai  prinsip pembelajaran efektif . Bagaimana? sudahkah anda merasa bahwa anda sudah melakuakan pembelajaran efektif di kelas? semoga dengan anda membaca artikel ini, kemampuan anda untuk mengajar dapat berlangsung lebih baik dan efktif, agar sesuai dengan tujuan dan kebutuhan belajar peserta didik

 

Mungkin anda tertarik untuk membaca artikel di bawah ini.
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f