Aksi Nyata Topik 1 Pembelajaran Berdiferensiasi Mata Kuliah Pembelajaran Berdiferensiasi PPG Prajab 2022
Selamat malam, Kali ini saya akan berbagi tugas kuliah tentang pembelajaran berdiferensiasi. Semoga kalian yang sedang membutuhkan gambaran jawaban yang sesuai dengan apa yang kalian harapkan.
Nama : Ahmad Na’im
NIM : 233133917904
Mata kuliah : Pembelajaran Berdiferensiasi
Prodi : PPG Prajabatan
Universitas : Universitas Negeri Malang
1. Apakah Anda puas dengan proses belajar pada topik ini? Mengapa?
Saya puas dengan proses pembelajaran pada topik ini, karena saya memiliki wawasan baru mengenai proses pembelajaran berdiferensiasi yang sebelumya belum pernah saya dapatkan di kuliah S1
2. Ide apa yang Anda dapatkan setelah belajar pada topik ini?
Saya memiliki ide untuk membuat pemetaan dan analisis awal sebelum memasuki pembelajaran atau dilakukan di awal semester untuk mendiagnosa kesiapan, minat, dan profil siswa agar dapat mengatur kelas dan mengatur pembelajaran dengan maksimal
3. Bagaimana caranya supaya Anda dapat merealisasikannya?
Saya akan membuat lembar pengamatan dan kuesioner gaya belajar di awal sebelum pembelajaran agar dapat memperoleh informasi awal tentang peserta didik yang saya bimbing. Setelah itu, saya akan mengelompokkan kelas ke dala beberapa kelompok dengan tujuan agar mereka tesebar ke dala kelompok secara heterogen dan berharap dapat merealisasikan kinerja kelompok dengan baik melalui bnimbingan saya sebagai pendidik
4. Apa yang melatarbelakanginya?
Setiap anak tidak ada yang sama dan setiap individu memiliki kebutuhan belajar yang berbeda. Selain itu, peserta didik tetaplah makhluk sosial yang pastinya membuthkan orang lain dalam hal ini adalah teman mereka dalam kelas untuk saling bekerja sama untuk belajar bersama. Selain itu, masih muncul yang namanya sifat individual di antara peserta didik, sehingga peserta didik harus difasilitasi agar mulai belajar untuk saling membantu satu sama lain.
5. Apa tujuannya dari kegiatan tersebut?
Agar semua peserta didik terakomodir dengan baik dan dapat belajar secara aktif serta mamapu membantu dan menghargai orang lain melalui kerja kelompok
6. Apa indikator keberhasilannya?
1. Semua siswa dengan aktif belajar
2. Setiap kelompok menunjukkan kerjasama yang baik
3. Tidak ada individualisme dalam belajar
4. Semua siswa dengan tipe belajar ikut aktif dalam pembelajaran (terakomodir)
7. Bagaimana langkahnya?
1. Melakukan pemetaann terhadap peserta didik di awal sebelum pembelajaran
2. Membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan peserta didik
3. Melakukan pengelompokkan peserta didik
4. Memfasilitasi setiap kelompok agar aktif dalam belajar
5. Melakukan evaluasi dan refleksi setelah melakukan pembelajaran berdiferensiasi
Komentar
Posting Komentar