Langsung ke konten utama

Aksi Nyata Topik 1 Pembelajaran Berdiferensiasi Mata Kuliah Pembelajaran Berdiferensiasi PPG Prajab 2022

Selamat malam, Kali ini saya akan berbagi tugas kuliah tentang pembelajaran berdiferensiasi. Semoga kalian yang sedang membutuhkan gambaran jawaban yang sesuai dengan apa yang kalian harapkan.

Nama                 : Ahmad Na’im 

NIM                    : 233133917904 

Mata kuliah        : Pembelajaran Berdiferensiasi

Prodi                  : PPG Prajabatan 

Universitas        : Universitas Negeri Malang

1.    Apakah Anda puas dengan proses belajar pada topik ini? Mengapa?
Saya puas dengan proses pembelajaran pada topik ini, karena saya memiliki wawasan baru mengenai proses pembelajaran berdiferensiasi yang sebelumya belum pernah saya dapatkan di kuliah S1


2.    Ide apa yang Anda dapatkan setelah belajar pada topik ini?
Saya memiliki ide untuk membuat pemetaan dan analisis awal sebelum memasuki pembelajaran atau dilakukan di awal semester untuk mendiagnosa kesiapan, minat, dan profil siswa agar dapat mengatur kelas dan mengatur pembelajaran dengan maksimal


3.    Bagaimana caranya supaya Anda dapat merealisasikannya?
Saya akan membuat lembar pengamatan dan kuesioner gaya belajar di awal sebelum pembelajaran agar dapat memperoleh informasi awal tentang peserta didik yang saya bimbing. Setelah itu, saya akan mengelompokkan kelas ke dala beberapa kelompok dengan tujuan agar mereka tesebar ke dala kelompok secara heterogen dan berharap dapat merealisasikan kinerja kelompok dengan baik melalui bnimbingan saya sebagai pendidik


4.    Apa yang melatarbelakanginya?
Setiap anak tidak ada yang sama dan setiap individu memiliki kebutuhan belajar yang berbeda. Selain itu, peserta didik tetaplah makhluk sosial yang pastinya membuthkan orang lain dalam hal ini adalah teman mereka dalam kelas untuk saling bekerja sama untuk belajar bersama. Selain itu, masih muncul yang namanya sifat individual di antara peserta didik, sehingga peserta didik harus difasilitasi agar mulai belajar untuk saling membantu satu sama lain.


5.    Apa tujuannya dari kegiatan tersebut?
Agar semua peserta didik terakomodir dengan baik dan dapat belajar secara aktif serta mamapu membantu dan menghargai orang lain melalui kerja kelompok

6.    Apa indikator keberhasilannya?
1.    Semua siswa dengan aktif belajar
2.    Setiap kelompok menunjukkan kerjasama yang baik
3.    Tidak ada individualisme dalam belajar
4.    Semua siswa dengan tipe belajar ikut aktif dalam pembelajaran (terakomodir)
7.    Bagaimana langkahnya?
1.    Melakukan pemetaann terhadap peserta didik di awal sebelum pembelajaran
2.    Membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan peserta didik
3.    Melakukan pengelompokkan peserta didik
4.    Memfasilitasi setiap kelompok agar aktif dalam belajar
5.    Melakukan evaluasi dan refleksi setelah melakukan pembelajaran berdiferensiasi

Mungkin anda juga tertarik dengan informasi tugasdi bawah ini
Contoh aksi nyata menciptakan pembelajaran yang efektif




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f