Langsung ke konten utama

Contoh Lembar Kuesioner Penentuan Tipe Gaya Belajar Siswa

       


        Angket atau kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Pada kesempatan kali ini Tugas kuliah akan berbagi tugas mengenai contoh lembar kuesioner yang akan mengulik bagaimana dan jenis atau tipe gaya belajar yang seperti apakah yang dimiliki oleh seiap peserta didik yang anda ajar di sekolah. Hal ini penting untuk melakukan survei melalui pengisisan kuesioner atau angke gaya belajar agar kita sebagai pendidik dapat mengetahui dan memahami gaya belajar siswa sehingga kita bisa membuat strategi pembelajaran agar sesuai dengan karakter gaya belajar peserta didik sehingga pembelajaran lebih efektif.

        Berikut adalah contoh kuesioner penentuan tipe gaya belajar. Anda dapat memakai kuesioner ini sesuai dengan kebutuhan. Perlu dipahami bahwa kuesioner ini sudah melalui uji validitas sesuai dengan jurnal aslinya. 

 

LEMBAR KUESIONER PENENTUAN TIPE GAYA BELAJAR SISWA

Identitas :
Nama Lengkap    :
Kelas        :
No. Absen    :
Jenis Kelamin    :
 
Petunjuk Pengisian :

1.    Bacalah setiap pernyataan dengan teliti
2.    Anda akan menjumpai sejumlah pernyataan mengenai tipe gaya belajar pada diri anda
3.    Pilih salah satu pilihan jawaban (a,b, atau c) yang dianggap sesuai dengan diri anda
4.    Jawaban yang diberikan pada kuesioner ini tidak akan mempengaruhi hasil belajar anda
5.    Isilah semua pernyataan tanpa ada yang terlewat
6.    Kejujuran dan kesediaan saudara dalam pengisian instrument sangat membantu pencapaian tujuan penelitian.
 
Daftar Pernyataan :  
1.    Saya sangat suka…….
        a. Mencatat                        b. Bercerita                        c. Menjiplak  
2.    Saya suka membaca dengan……..
        a. Cepat                             b. Suara keras                       c. Jari sebagai penunjuk
3.    Saya paling suka belajar dengan………
        a. Membaca                   b. Mendengarkan                  c. Bergerak  
4.    Saya mudah mengingat dengan apa yang……….
        a. Saya lihat                      b. Saya dengar                      c. Saya tulis  
5.    Apabila mencatat, saya……….
        a. Banyak catatan disertai gambar   
        b. Sedikit mencatat karena lebih suka mendengarkan
        c. Banyak catatan namun tidak disertai gambar
6.    Saya menjawab pertanyaan dengan jawaban……..
        a. Ya atau tidak       b. Panjang lebar (suka bercerita)       c. Diikuti dengan gerakan                     anggota tubuh
7.    Saat belajar saya……
        a. Tidak mudah terganggu dengan keributan        b. Mudah terganggu dengan keributan
        c. Tidak dapat duduk diam dalam waktu lama
8.    Saya mengingat dengan cara……
        a. Membayangkan           b. Mengucapkan                   c. Sambal berjalan dan melihat
9.    Saya berbicara lebih suka……
        a. Melihat wajah langsung        b. Lewat telepon             c. Memperhatikan Gerakan                 tubuh
10.    Ketika berbicara saya…..
        a. Cepat        b. Intonasi/berirama                c. Lambat  
11.    Cara saya belajar bisanya suka….
        a. Mengikuti petunjuk gambar        b. Sambal berbicara    c. Berbicara sambal menulis
12.    Saya sering mengisi waktu luang dengan
        a. Menonton        b. Mendengarkan music        c. Bermain game
13.    Saya lebih mudah memahami pelajaran dengan…..
        a. Melihat peraga     b. Berdiskusi             c. Praktik
14.    saya lebih menyukai…..
        a. Gambar         b. Musik             c. Permainan


Demikian kuesioner mengenai penentuan tipe gaya belajar siswa. Semoga memberikan manfaat dan wawasan baru bagi kita semua.


Mungkin anda tertarik untuk membaca artikel tentang:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f