Langsung ke konten utama

Bagaimana cara menjalin hubungan yang baik dengan peserta didik

 

Cara menjalin hubungan yang baik dengan peserta didik

Memperbaiki hubungan siswa dengan guru agar muncul dukungan belajar yang baik


Tahukah anda bahwa dengan menjalin hubungan yang baik dengan sesama akan membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan sosial mereka baik di lingkungan sekolah maupun ketika peserta didik hidup sebagai masyarakat.


Memperbaiki hubungan siswa dengan guru  merupakan sebuah hal yang esensial dan penting dalam menjalankan kinerja pembelajaran. Hubungan yang baik antar kedua pihak yakni pendidik dengan peserta didik itu merupakan hal yang baik dan bersifat tiada akhir dan tanpa batas. Artinya hubungan baik ini harus tetap terjalin dengan baik. Implikasinya atau dampak yang dapat terlihat yakni berpengaruh pada kemampuan siswa dalam bidang akademik dan pengembangan kemampuan bersosialisasi dengan masyarakat pada umumnya. Namun hal ini bukanlah menjadi salah satu jalan utama dalam mencapai prestasi siswa yang baik. Namun hal semacam ini menjadi penting untuk dipikirkan kembali bagi pendidik dan peserta didik untuk menjalin hungan dengan baik agar peserta didik semakin mampu belajar berkomunikasi dan menanggapi segala hal, baik itu permasalahan sekolah maupun permasalahan di luar sekolah dengan mudah, yakni dengan meminta bantuan guru dari peserta didik itu sendiri. Dengan adanya keterbukaan antara keduanya, terdapat jalinan pemahaman yang sama, tidak saling menjelek-jelekkan antara pendidik dengan peserta didik akan menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.

Coba Baca: Makalah teori-teori pembelajaran di kelas


Apabila dibandingkan dengan peserta didik yang tidak memiliki hubungan baik dengan gurunya, peserta didik yang memiliki hubungan baik dengan gurunya akan memiliki kemudahan-kemudahan baik dalam menyelesaikan permasalahan akademik maupun nonakademik. Dari sini maka guru menjadi kunci bagi peserta didik untuk menjalin hubungan yang baik. Mungkin diawali dengan hal-hal yang sederhana, seperti: tersenyum manis saat melihat peserta didik kita dan bersikap baik kepada seluruh peserta didik di kelas itu. Lebih mendalam lagi adalah guru harus memiliki kemampuan mengelola kelas dengan baik. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang baik dalam mengelola kelas, guru akan mudah menangani peserta didik. Selain hal-hal tersebut yang bisa diterapkan kepada siswa anda, cobalah untuk mendalami jiwa dan perasaan peserta didik. Ambilah hati mereka dengan melakukan pembicaraan yang ringan, coba tanyakan, hobimu apa, apa yang kamu lakukan di rumah, berapa jumlah saudaramu, dan cobalah untuk memotivasi peserta didik kita. Bagaimana cara memotivasi? 

 

Coba baca: Cara memotivasi siswa


Pengalaman saya saat menjadi pendidik selama ini adalah, apabila kita memperlakukan peserta didik dengan ramah dan tegas, maka peserta didik akan turut ramah dan patuh akan setiap perilaku dan tugas-tugas yang saya berikan. Saran saya saat menjalin hubungan yang baik dengan siswa adalah jangan sampai menyakiti hati peserta didik kita baik secara langsung maupun tidak langsung, baik secara lisan maupun tindakan. Apalagi sampai memakai kekerasan fisik. Hindarilah hal-hal tersebut jangan sampai anda membunuh potensi siswa dengan kata-kata kasar maupun kekerasan fisik. Hal ini tidak akan memperbaiki hubungan anda dengan peserta didik anda, justru memperburuk hungan anda dengan peserta didik. 


Demikian kiat-kiat menjalin hubungan baik siswa dengan guru. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang mengalami hubungan yang tidak baik dengan peserta didik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f