Langsung ke konten utama

Mahasiswa PPG UM Gelar Kegiatan Literasi Digital untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kota Malang

    Gemparnya program literasi di Indonesia, menjadi salah satu bentuk aksi nyata bahwa berliterasi memang sangatlah penting di abad 21 ini. Selain dapat meningkatkan keterampilan dalam berbahasa, baik itu membaca dan menulis, berliterasi juga dapat menambah wawasan. Generasi yang literat penting untuk dibentuk sejak dini. Mereka perlu untuk dibimbing dan diarahkan bagaimana cara berliterasi. Kini berliterasi tidak hanya dibatasi membaca buku fisik secara langsung, dengan adanya kecanggihan teknologi, kini berliterasi dapat diakses dimanapun dan kapanmu melalui kegiatan literasi diigital.

    Mahasiswa PPG Universitas Negeri Malang (UM), melakukan kegiatan berliterasi secara digital. Dengan bertemakan Gempita Literasi Generasi Cerdas Cakap Digital, UM menggandeng lembaga pendidikan dasar SDN Polowijen 3 Kota Malang, sebagai mmitra untuk menyukseskan kegiatan ini. Kegiatan ini dilaksanakan di Malang, Jum'at 21 Juli 2023. Adapun peserta dari kegiatan ini adalah siswa kelas 5 dengan jumlah total peserta 26 siswa.Tujuan dari kegiatan ini bagi mahasiswa PPG UM adalah untuk menerapkan ilmu dari mata kuliah Proyek Kepemimpinan 2. Selain itu tujuan, kegiatan ini bertujuan agar peserta didik di sekolah tersebut dapat mengenal dan memahami apa itu literasi digital dan bagaimana cara melakukan literasi secara digital sehingga peserta didik juga dapat berliterasi secara digital dan menghasilkan karya berupa ontologi cerpen dari program literasi digital ini. Kegiatan ini penting untuk dilakukan mengingat bahwa saat ini muncul fenomena rendahnya minat literasi pada anak didik. Hal ini perlu segera ditangani dengan langkah yang tepat dan tentunya dengan cara yang menyenangkan bagi peserta didik yang disesuaikan perkembangan zamannya. Salah satu cara berliterasi yang menyenangkan adalah dengan menyandingkan kegiatan literasi tersebut dengan kecanggihan teknologi, komputer misalnya. pada kegiatan literasi digital ini, peserta didik melakukan kegiatan literasi membaca cerpen sesuai minatnya yang sudah tersedia di website budi.kemendikbud .


 

    Peserta didik diajak untuk mencari dan membaca berbagai jenis cerpen lalu membuat tulisan mengenai intisari dari cerpen yang telah mereka baca. Setelah itu peserta didik juga belajar untuk membuat cerpen versi mereka. Ini tentunya menjadi pengalaman yang mengesankan dan tidak akan terlupakan bagi peserta didik di SDN Polowijen 3 Kota Malang, karena hasil karya mereka akan dicetak untuk dijadikan karya berupa Antologi Cerpen SDN Polowijen 3 Kota Malang. Dengan adanya kegiatan literasi digital, peserta didik diharapkan dapat mengenalkan aplikasi literasi berbasis web, sehingga mereka cakap akan teknologi, serta menyiapkan anak sebagai agen generasi abad 21.

    Peserta didik merasa senang dengan kegiatan ini. Karena mereka belum pernah melakukan kegiatan berliterasi secara digital sebelumnya. Mereka dapat mengakses berbagai jenis bacaan cerita pendek dengan berbagai jenis jenjang dan temanya.

    "Kami merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan Literasi Digital di sekolah ini. Peserta didik menjadi antusias, Ketika anak-anak diajak membaca buku di kelas dengan menggunakan buku manual, anak-anak terlihat kurang antusias. Namun saat mereka bisa mengakses komputer dan disediakan website budi.kemendikbud, anak-anak senang. Mereka antusias sekali karena cerpen yang disediakan sangat beragam dengan disertai gambar yang menarik, sehingga mereka juga lebih mudah untuk memahami isi bacaan. Selain itu anak-anak juga diajarkan untuk membuat cerpen mereka sendiri" Ucap Bapak Kepala Sekolah.

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f