Langsung ke konten utama

Kumpulan Soal PAS Ganjil Tema 5 Kelas 4

 A. PKn

1. SIla ke- 4 Pancasila berbunyi… 

2. Sila ke -4 disiimbolkan dengan … 

3. Sebutkan tiga sikap yang sesuai dengan pengamalan sila ke -4 pancasila

4. Berikan contoh sikap kepahlawanan yang sesuai dengan sila pancasila ke 5 

5. Sila pancasila ke- 5 dilambangkan dengan... dan .. 

6. Padi melambangkan kebutuhan... sedangkan kapas melambangkan kebutuhan 

7. Sikap kepahlawanan memerlukan kemauan dan keberanian untuk melakukannya. Sikap kepahlawanan dapat kita teladani dari orang - orang di  .... 

8. Selalu mengutamakan musyawaraoh dalam menyelesaikan persoalan. Merupakan contoh sikap yang sesuai dengan sila pancasila ke.. 

Essay

1. Perhatikan gambar berikut !

 


Isilah lambang sesuai dengan simbol- simbol pancasila berikut !

Pancasila ke – 1 dilambangkan dengan simbol ..

Pancasila ke – 2 dilambangkan dengan simbol..

Pancasila ke  - 3 dilambangkan dengan simbol…

Pancasila ke – 4 dilambangkan dengan simbol…

Pancasila ke – 5 dilambangkan dengan simbol….

2. Tentukan pada sila keberapa contoh sikap berikut 

a. Menjadi dokter kecil di sekolah. Contoh sikap Sila ke…

b. Ketika mendapat tugas kelompok, kitatidakk memutuskan sendiri, melainkan mendiskusikannya bersama-sama. Contoh sikap sila ke- ..

c. Mendahulukan kepentingan kelompok di bandingkan kepentingan sendiri. Contoh sikap sila ke- ..

d. Mengerjakan tugas piket dengan penuh tanggung jawab. Contoh sikap sila ke- ..

e. Menghormati teman yang sedang beribadah dengan tidak menganggu mereka. Contoh sikap sila ke- ..

 

B. Bahasa Indonesia

1. Dibawah kepemimpinannya, Kerajaan Aceh mengalami masa kejayaan serta sangat memperhatiakn kesejahteraan rakyatnya dengan membuat peraturan-peraturan dalam bidang perdagangan, perindustrian, pertambangan, perlayaran, pertanian,. 

               Siapakah tokoh pahlawan tersebut ?

2. Ia seorang patih dari kerajaan Majapahit, beliau mengucapkan sumpah untuk tidak memakan palapa sebelum berhasil menyatukan Indonesia. 

               Siapakah tokoh pahlawan tersebut ?

3. Beliau mendirikan sebuah rumah sakit sederhana dan membeli peralatan medis, karna menyaksikan dampak peperangan yang sangat mengerikan.

               Siapakah tokoh pahlawan tersebut ?

4. Dengan kepemimpinanya serta kecintaannya terhadap rakyatnya membuat beliau dicinta rakyatnya, Beliau sukses menangani masalah banjir dan irigasi sawah dengan memerintahkan untuk memperbaiki aliran sungan yang melintas kaasan kerajaan Indraprahasa.

               Siapakah tokoh pahlawan tersebut ?

5. Beliau dalah raa ke- 4 dari kerajaan majapahit. Pada masa kejayaanya berbaga kegiatan ekonoomi dan kebudayaan sangat diperhatikan dengan mengadakan pemungutan pajak dan upeti serta di bidang pertanian, beliau memerintahkan pembangunan bendungan, saluran pengaran , serta pembukaan lahan lading baru.

              Siapakah tokoh pahlawan tersebut ?

6. Beliau adalah pahlaan yang mendapat dukungan dari rakyatnya sehingga mampu melakukan perlawanan terhadap penjajah dengan berbagai macam taktik, geriliya, infentri, dan perang terbuka.

               Siapakah tokoh pahlawan tersebut ?

7. Beliau adalah pahlawan wanita yang memprjuangkan hak pedidikan untuk wanita .

 Siapakah tokoh pahlawan tersebut ?

8. Beliau adalah tokoh proklamator Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan dengan membentuk organisasi Partai Nasional Indonesia, menyusun pancasila,  UUD dan Naskah kemerdekaan. 

Siapakah tokoh pahlawan tersebut ?

ESSAY

1. Tanggal 10 November di peringati Hari Pahlawan Nasional. Ceritakan secara singkat apa yang terjadi pada tanggal tersebut di kota Surabaya?

2. Ceritakan secara  singkat tentang salah satu tokoh pahlawan serta upayanya dalam mempejuangkan kemerdekaan Indonesia  yang sudah kamu pelajari pada pelajaran tematik tema 5 ini !


C. IPA                                                            

1. Bagian mata yang berfungsi menggerakan bola mata adalah… 

2. Saraf mata berfungsi meneruskan rangsangan cahaya ke… 

3. Benda yang biasa diginakan di kapal selam adalah …..

4. Cermin hanya berfungsi untuk memantulkan .... 

5. Kaca spion berguna untuk membantu pengendara melihat ke arah kanan, kiri dan belakang .Maka bentuk kaca spion menggunakan cermin....

6. Cermin cekung besifat ...cahaya 

7. Hal yang akan terjadi jika cahaya mengenai benda gelap adalah...

8. Setelah hujan, terkadang terjadi pelangi. Terjadinya pelangi menunjukan sifat cahaya yaitu....      

ESSAY

1. Berikan Contoh dari sifat- sifat cahaya berikut!

2. Perhatikan peryataan berikut!

1) Benda memantulkan cahaya

2) Cahaya memasuki mata melalui pupil

3) Cahaya dibiaskan oleh lensa mata

4) Bayangan jatuh ke retina menjadi berbalik

5) Bayangan yang ditangkap retina diteruskan ke otak. Otak akan menerjemahkan bahwa benda yang kita lihattidak berbalik.

Diatas termasuk peryataan tentang proses apa ?

D. IPS                                                                                                                                  

1. Siapakah pahlawan perempuan yang mendirikan sekolah ISTERI  ?

2. Apa julukan yang di berikan  oleh Belanda kepada sultan Hasanudin karena keberaniannya? 

3. Upaya- upaya perjuangan apa yang dilakukan oleh IR. Soekarno ….

4. Bapak PMI Internasional adalah….

5. Sumpah Palapa adalah sumpah yang di lontarkan oleh seorang pati dari kerajaan majapahit yang bernama…

6. Pahlawan wanita dari Aceh yang menikah dua kali dan mencoba memperjuangkan Aceh namun selalu gagal karena startegi perangnya seslau terbaca oleh  Belanbda adalah…

7. Pahlawan permpuan yang di gelari sebagai Emansipasi Wanita adalah……)

Wakil Presiden Pertama Indonesia yang menemani perjuangan IR. Soekarno adalahESSAY

1. Sebutkan nama tokoh- tokoh pahlwan berikut !


    

2. Sebutkan 10 Tokoh PAhlawan Indonesia yang telah di pelajari pada pelajaran tematik tema 5!

E. SBdp


1. Tuliskan Simbol dari not angka

2. Tuliskan symbol dari not angka nada rendah

3. Tuliskan Simbol not angka nada tinggi

4. Tuliskan symbol not angka nada datar

5. Tuliskan symbol not angka berikut!

5      5     3     5   3             2    I    I    2        I    6    5

6. Cepat lambatnya lagu dinyanyikan disebut dengan...

7. Lagu berjudul syukur dinyanyikan dengan tempo…

8. LAgu Maju tak gentar di nayanyikan dengan tempo ….


ESSAY

1. Sebutkan 3 judul lagu bertemakan perjuangan!

2. Tuliskan hal- hal yang harus di pahami ketika hendak menyanyikan sebuah lagu.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f