Nama : Ahmad Na’im
NIM : 233133917904
Mata kuliah : Proyek Kepemimpinan I
Prodi : PPG Prajabatan
Universitas : Universitas
Negeri Malang
Visi pribadi saya sebagai guru profesional adalah mewujudkan generasi yang berkarakter, berpengetahuan tinggi, dan memiliki keterampilan untuk menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman melalui pembelajaran yang berpusat pada peserta didik serta melalui pendidikan yang berlandaskan pada Pancasila
Visi profesi seorang guru tentu tidak sebatas berada di instansi sekolah, tetapi juga berlaku di lingkungan keluarga dan masyarakat tempat guru berinteraksi. Sering dijumpai seorang guru mendapat peran di masyarakat dalam acara-acara tertentu misalnya acara keagamaan, acara adat, pernikahan, atau menjadi pemuka masyarakat dengan menjadi ketua RT di lingkungannya. Pendidikan bagi peserta didik terhubung dengan lingkungan tempat tinggalnya. Disinilah kaitan antara visi seorang guru dengan proses belajar peserta didik menjadi penting. Guru tidak hanya dapat mengembangkan pembelajaran di kelas melalui instansi sekolah, tetapi juga menjadi sosok teladan bagi anggota keluarganya di rumah. Hal ini akan membantu anak dalam proses pembelajaran moral, pengetahuan, serta keterampilan dari sosok ayah atau ibu yang berprofesi sebagai guru. Sehingga visi profsi guru bias diterapkan dimana saja dan kapan saja.
Pendidik diidentifikasikan sebagai penuntun dimana arti menuntun serta mendampingi peserta didik dalam belajar. Menurut Ki Hajar Dewantara, mendidik dan mengajar adalah proses memanusiakan manusia, sehingga harus memerdekakan manusia dan segala aspek kehidupan baik secara fisik, mental , jasmani dan rohani. Peserta didik tidak pasif menerima materi pelajaran. Adapun insiatif saya untuk peserta didik dalam pembelajaran antara lain: 1) menerapkan pembelajaran kontekstual seperti projek kelompok yang dibentuk secara heterogen sehingga menciptakan komunikasi yang aktif, tidak didominasi oleh satu atau dua peserta didik di dalam kelas, 2) Menciptakan suasana kelas yang interaktif, nyaman, bersahabat, dan saling menghargai antara guru dan peserta didik, serta peserta didik dengan peserta didik lainnya, 3) Memposisikan diri sesuai dengan karakter dan usia serta menjadi pendengar yang baik bagi peserta didik, 4) Memberikan pengalaman proyek individu maupun kelompok dalam proses pembelajaran, serta 5) memanfaatkan teknologi masa kini serta memberikan bekal keterampilan bagi peserta didik agar mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman yang cepat berubah.
Demikian Identifikasi Visi Guru dengan Materi Lain Proyek Kepemimpinan I PPG Prajab. Semoga bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar