AKSI NYATA
Pembelajaran berdifrensiasi
Praktik baik yang bisa saya lakukan dalam pembelajaran yaitu dengan mengetahui kemampuan awal siswa dan bagaimana gaya belajar siswa saya. Sebelum melakukan pembelajaran saya memberikan tes awal ke setiap siswa. Dari tes awal tersebut saya bisa mengetahui bagaimana karakteristik siswa di kelas. Saya juga berdiskusi dengan guru yang mengajar di kelas yang sama terkait dengan karakteristik siswa. Hasil dari tes awal tersebut saya jadikan untuk pengelompokan saat pembelajaran. Kemudian saya melakukan pembelajaran berdiferensiasi baik proses maupun produk. Siswa yang auditorial, visual dan kinestetik akan belajar sesuai dengan minatnya kemudian hasil dari pembelajaran atau produknya juga disesuaikan dengan minat masing-masing, ada yang hasil belajar berupa tulisan, rekaman suara, mindmap atau yang lainya. Hal tersebut menjadikan proses belajar dan hasil yang beraneka ragam. Saya juga menggunakan lingkungan sekolah sebagai tempat belajar anak-anak agar mereka bisa melakukan pengamatan langsung di lapangan.
Komentar
Posting Komentar