Langsung ke konten utama

Format Penilaian Keterampilan Berbahasa

Sumber Foto Verywell Mind


Hai apa kabar sahabat kuliah ku. Sudah hampir 2 bulan ini saya tidak posting-posting. Hari ini sih terbilang ini ya agak longgar jadi aku sempatkan untuk menulis lagi. Hari ini Saya akan membahas mengenai format atau bentuk penilaian keterampilan berbahasa. Karena ada beberapa dari calon pendidik bahkan pendidik pun juga ada yang masih bingung bagaimana format penilaian keterampilan berbahasa yang secara teknis gampang diaplikasikan. Berikut ulasannya.

Ketika kita hendak menilai sesuatu itu memang harus ada bukti-bukti nyata sebelum membuat penilaian atau kesimpulan dari anak didik kita. Sehingga kita butuh yang namanya instrumen penilaian. Kali ini saya mau berbagi format penilaian untuk keterapilan peserta didik dalam berbahasa. 

Bagi kalian yang sedang mencari bahan atau contoh format penilaian keterampilan berbahasa bisa langsung klik link aktif yang sudah saya buat nanti di akhir artikel ini. 

Baik sebelum kalian mengunduh file yang akan saya bagikan ini. Kalian harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan penilaian. 

Penilaian merupakan proses pengumpulan berbagai data yang dapat memberikan gambaran perkembangan belajar siswa, menjelaskan serta menafsirkan hasil pengukuran, menggambarkan informasi mengenai sejauh mana hasil belajar siswa atau ketercapaian kompetensi siswa.

Selain itu, penilaian memberikan informasi lebih konprehensif dan lengkap dari pada pengukuran, karena tidak hanya mengunakan instrument tes saja, melainkan mengunakan tekhnik non tes lainya. Penilaian merupakan kegiatan mengambil keputusan dalam menentukan sesuatu berdasarkan kriteria baik dan buruk serta bersifat kualitatif. Hasil penilaian sendiri meskipun bersifat kualitatif, bisa berupa nilai kualitatif (pernyataan naratif dalam kata-kata) & nilai kuantitatif (berupa angka).

Pada penilaian yang saya buat ini adalah penilaian yang berfungsi untuk menilai kemampuan siswa dalam berbahasa. Hal ini dapat diartikan bahwa yang diukur adalah kemampuan keterampilan siswa tersebut dala hal berbicara. Format ini baik digunakan untuk segala jenjang pendidikan baik pendidikan dasar maupun perguruan tinggi. Tapi itu semua tergantung dari seperti apa kebutuhan penilaian yang anda butuhkan.

Format yang saya bagikan juga bukan  format yang rigid atau tidak fleksibel bagi semua kalangan. Jadi anda bisa mengedit indikator apa saja yang perlu untuk dinilai. Selain itu penilaian dengan format yang saya miliki dapat dengan secara otomatis memunculkan deskripsi nilai sesuai dengan rentang nilai dan indikator pencapaian apa yang diukur. Jika nanti  ada kenadala atau saran dan kritik silahkan untuk di isi di kolom komentar dengan menggunakan bahasa yang baik ya.

Baiklah tanpa mengurangi rasa semangat anda semua untuk menjadi pendidik yang profsional berikut adalah format penilaian kemampuan berbahasa bagi peserta didik. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f