Langsung ke konten utama

6 Jenis Tugas Mahasiswa, Calon Maba Harus Tahu

Malang - Sebagai calon mahasiswa yang belum mengenal begitu dalam mengenai perkuliahan di kampus, maka kamu harus tahu apa saja yang harus dilakukan kelak nanti saat kamu memasuki dunia pekuliahan. Beberapa tugas biasa sering dilakukan secara mandiri dan sebagian juga tidak jarang dilakukan secara berkelompok dikarenakan beban dan kompetensi yang dipelajarinya. 

Ilustrasi Tugas Mahasiswa (timeshighereducation.com)

Jenis-jenis tugas anak kuliah itu banyak sekali jenisnya tergantung dosen yang mengampu mata kuliah yang kita pelajari. Dan ini sangat berbeda sekali dengan tugas anak sekolah menengah atas. Tugas anak kuliah lebih fokus pada kemandirian mahasiswa dalam mempelajari suatu materi kuliah tertentu. Mencari sendiri berdasarkan tugas yang ia peroleh dari dosen dan menyelesaikan sendiri dan memperesentasikan hasilnya di depan teman sekuliah atau biasa disebut dengan istilah presentasi. Ya pastinya kamu nanti tidak boleh jenuh dengan model pembelajaran presentasi di kampus.
 

Karena tergolong androgogis atau pembelajaran pada orang dewasa, maka kamu nanti benar-benar mandiri dalam mengerjakan tugas di bangku kuliah. Dan tak jarang pula, tugas anak kuliah itu sangat kompleks dan biasa membutuhkan waktu yang lumayan lama. Misalnya mengerjakan proyek, skripsi, atau tugas pengabdian kepada masyarakat yang biasanya membutuhkan waktu berbulan-bulan dalam menyelesaikannya.


Kuliah mulai dari semester 1 sudah pasti akan mendapatkan tugas yang lumayan banyak disetiap mata kuliah yang kamu ambil. Jadi selama kamu menjadi anak kuliah yang baik, kamu harus belajar mengubah pola pikir untuk mengatur waktu dengan baik agar target kuliah yakni lulus tepat waktu dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dapat tercapai.
Baiklah berikut paparan beberapa tugas anak kuliah secar umum

1.    Makalah

Makalah adalah salah satu bentuk karya ilmiah yang biasanya memuat muatan materi yang khusus dan membutuhkan penjabaran yang detail dan harus memenuhi kajian pustaka yang baik dan benar. Makalah sering kali digunakan sebagai instrument pembelajaran dan penilaian bagi dosen pengampu. Mahasiswa harus menyiapkan minimal kurang lebih 10 halaman bab pembahasan dalam makalah yang ia buat. Makalah tersebut nanti akan dipresentasikan saat jam perkuliahan baik secara langsung maupun online.

2.    Presentasi

Presentasi adalah salah satu metode pembelajaran yang cirinya adalah adanya seseorang atau kelompok yang menyampaikan materi di depan kelas yang kerap disebut dengan penyaji. Penyaji akan memaparkan dan menjelaskan materi tertentu untuk kemudian didiskusikan dengan mengadakan kegiatan tanya jawab. Biasanya ketika presentasi yang sudah dilakuakn oelh seorang mahasiswa akan diberi tanggapan oleh dosen pembimbing. Media yang sering dipakai oleh mahasiswa saat presentasi adalah media power point (PPT) karena mudah dalam penerapannya.

3.    Praktikum

Praktik menjadi focus kedua yang menjadi tugas anak kuliah. Rata-rata semua jurusan pasti ada yang namanya kuliah praktik. Praktik artinya apa yang sudah kita pelajari materinya di bangku kuliah, kita terapkan pada lapangan yang sebenarnya. Contohnya anak Fakultas MIPA akan sering-sering masuk ke laboratorium IPA untuk meneliti sesuatu, kemudian melaporkna hasil praktik,sebagai bahan untuk presentasi di kelas. Contoh lagi adalah jurusan pendidikan, biasa sering melakukan praktik dilapangan langsung maupun tidak langsung misalnya dengan praktik microteacing ataupun praktik pengalaman lapangan yang biasa dilakukan di sekolah-sekolah dengan kriteria tertentu.

4.    Review

Jangan capek-capek dan harus sering-sering membaca buku, karya ilmiah, maupun jurnal-jurnal baik nasional maupun internasional. Dosen biasanya memberikan tugas untuk mereview atau istilah kita itu menilai dengan cara meringkas apa yang ada pada buku atau jurnal yang kita terima. Biasanya dosen akan memberikan tugas untuk mereview jurnal internasional karena kelasnya lebih tinggi daripada jurnal nasional, sehingga kita juga perlu memahami bahasa inggris tentunya. Tujuan utamanya dari mereviuw buku maupun jurnal adalah untuk memperdalam materi atau pengetahuan.

5.    Proyek

Proyek biasanya ditugaskan kepada mahasiswa di luar jam perkuliahan dalam jangka kurun waktu tertentu yang sudah ditetapkan. Mahasiswa ditugaskan untuk melaporkan perkembangan dari proyek yang sudah di kerjakan. Tugas proyek biasanya mengghasilkan sebuah barang atau prototype atau gambaran mengenai sebuah hal yang sedang dibuat. Kemudian nanti akan dipresentasikan diakhir pengumpulan tugas proyek tersebut.

6.    Skripsi

Skripsi, tesis, disertasi ketiganya memiliki kesamaan yakni menjadi syarat kelulusan dari jenjang yang telah ditempuh. Skripsi menjadi tugas akhir mahasiswa strata 1, tesis untuk tugas akhir mahasiswa pasca sarjana atau strata 2, dan disertasi untuk tugas akhir mahasiswa strata 3. Ketiga hal tersebut merupakan karya ilmiah hasil penelitian oleh mahasiswa. Hasil dari penelitian tersebut akan dipertanggungjawabkan di sidang skripsi. Mahasiswa akan mempresentasikan hasil penelitiannya di persidangan skripsi.
 

Demikian 6 tugas umum yang akan diterima oleh mahasiswa yang harus kamu ketahui. Secara umum, tugas-tugas tersebut mengandung unsur presentasinya. Sehingga ketika nanti kamu masuk dunia perkuliahan, kamu harus menyiapkan diri untuk tampil mempresentasikan setiap tugas yang kamu terima.
Demikian pembahasan ini semoga bermanfaat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f