Langsung ke konten utama

Interaksi Manusia dengan Lingkungan yang Berpengaruh terhadap Pembangunan Sosial Budaya

Manusia memang ditakdirkan untk menjamah makhluk di sekitarnya. Manusia akan membutuhkan hal lain untuk melengkapi hidupnya. Manusia juga memerlukan orang lain sebagai sosok pasangan yang bisa membuatnya lebih sempurna. Pada kesempatan ini Tugas Kuliah akan membahas mengenai interaksi manusia, namun bukan interaksi antar pasangan yang akan kita bahas. Yang akan kita bahas adalah hubungan manusia dengan lingkungannya.

Selain sebagai tempat tinggal, bumi kita ini juga menjadi tempat terpenting bagi kita. Lingkungan menjadi support sistem bagi kehidupan kita selama ini. Tentunya anda bisa membayangkan apa jadinya jika kita idup tanpa lingkungan.

                     
shutterstock.com

Manusia pastinya selalu berinteraksi dengan lingkungannya, sehingga akan menciptakan sebuah hubungan yang saling berpengaruh. Hal ini juga menimbulkan paradigma pembagunan dalam segala bidang. Misalnya dalam hal pelayaran. Indonesia menjadi negara yang paling kaya sekali menurut saya. kenapa? anda boleh setuju atau tidak, tapi jelasnya terdapat 2/3 dari total luas negara Indonesia. Berarti terdapat banyak sekali sumber daya alam yang ada di laut. Nah hal ini tentunya membuat manusia berpikir untuk bagaimana cara mengambil dan mengolah sumber daya alam laut tersebut. Sehingga muncul yang namanya pelaut, pedagang ikan, tempat wisata bahari seperti pantai dan diving di laut yang tenang, dan masih banyak lagi kegiatan manusia yang melibatkan lingkungan. 

Shutterstock.com

 

Beda lagi kalau kita mengamati di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi yang kaya akan sumber daya alam yang sangat subur tanahnya. Manusia yang hdup di dataran rendah biasanya banyak yang bekerja dalam bidang pertanian khususnya yang ada di pedesaan, sehingga muncullah profesi sebagai petani, tengkulak bahan sembako, dan sebagainya yang tentunya banyak. Bahkan pertanian kini menadi tonggak ketangguhan pangan sebuah negara.

shutterstock.com

Lingkungan ternyata berpengaruh pada kebudayan dan tradisi masyarakatnya. Misalnya, di Jawa ada tradisi sedekah bumi, di Bali ada peristiwa ngaben, dan tradisi menangkap paus yang ada di daerah Nusa Tenggara Timur.

Tradisi menangkap paus di NTT











Demikian beberapa kegiatan manusia yang berhubungan dengan lingkungan alam tempat tinggalnya yang memiliki keragaman tentunya. Di daerahmu tentunya juga ada tradisi-tradis unik tentunyakan. Coba isi di kolom komentar ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f