Langsung ke konten utama

Bagaimana cara mengelola kelas dengan efektif?

sumber: futureeducators.org

Perilaku siswa seperti berteriak, tidak memperhatikan, menghindari pekerjaan, tidak menghormati, menolak, dan terlibat dalam perebutan kekuasaan mengalihkan fokus Anda dari pengajaran dan fokus siswa menjauh dari pembelajaran. Strategi pengelolaan kelas berikut dapat digunakan untuk membantu mempertahankan fokus siswa dan menciptakan konsistensi siswa di sekitar harapan kelas.


1.    Pahami siswa Anda


Kenali setiap siswa sebagai individu. Bangun hubungan baik dengan mereka berdasarkan kepercayaan dan pengertian. Pastikan untuk membiarkan belas kasih Anda untuk setiap siswa tercermin melalui perilaku nonverbal dan komunikasi paraverbal Anda.

2.    Berlatih kesabaran


Ingatlah bahwa Anda memiliki pilihan tentang bagaimana Anda menanggapi seorang siswa dalam kesulitan. Pilih untuk tidak mengambil perilaku pribadi, dan menggunakan pembicaraan yang baik. Misalnya, alih-alih berpikir, "Saya tidak tahan lagi dengan rasa tidak hormat ini," pikirkan, "Saya pernah melihat ini sebelumnya. Perilaku ini bukan tentang saya. Tentang apa dan bagaimana saya bisa membantu?"

3.    Tetapkan batas efektif


Tinjau dan tulislah dipaparan mengenai harapan kelas Anda sehingga terlihat jelas. Harapan harus jelas, sederhana, dan dinyatakan secara positif sebagai apa yang “dapat Anda lakukan”. Misalnya, alih-alih mengatakan, "Tidak ada pembicaraan sampingan," katakan "Tolong angkat tangan Anda untuk menambah percakapan."

4.    Tetap pada jadwal yang Anda tetapkan


Mengikuti harapan Anda sendiri adalah kunci untuk memodelkan ketepatan waktu dan produktivitas. Semakin terorganisir Anda, semakin banyak kesempatan untuk fokus pada pengajaran dan pembelajaran. Ini akan membantu siswa Anda menghormati jadwal dan bekerja dalam kerangka waktu yang ditentukan. Ingatlah bahwa meskipun, sebagai aturan umum, konsistensi itu penting, kadang-kadang mungkin tepat untuk memenuhi kebutuhan siswa bahkan jika itu mengganggu jadwal atau rutinitas.

5.    Waspadai penyebab perilaku


Perhatikan faktor pemicu keadaan yang sudah ada sebelumnya yang menyebabkan perilaku tertekan dan tanda peringatan dini untuk membantu Anda fokus pada pencegahan. Jika seorang siswa tampak terus-menerus mudah tersinggung atau lalai di pagi hari, dapatkah rasa lapar menjadi penyebab perilaku tersebut? Perlu diingat, pengelolaan kelas bukan hanya tentang menghindari gangguan siswa tetapi tentang menciptakan lingkungan yang memungkinkan siswa untuk fokus belajar.

Coba baca: Makalah Teori-Teori Belajar

6.    Terlibat dengan siswa


Ketika seorang siswa lalai, gaduh, atau menantang, itu mengalihkan perhatian orang lain. Saat Anda mengajar, cobalah melakukan kontak mata yang bersahabat dengan siswa. Dorong mereka untuk fokus pada apa yang diajarkan dengan mengajukan pertanyaan dan menggunakan nama. 


Coba baca: Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

 
Ketika siswa tahu apa yang diharapkan dari Anda, dan apa yang Anda harapkan dari mereka, mereka cenderung menjadi pembelajar yang produktif. Gunakan kiat-kiat manajemen kelas yang efektif ini untuk mengelola perilaku yang mengganggu dengan percaya diri. Semoga bermanfaat.

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f