Langsung ke konten utama

Tata Tertib Upacara

 

TATA TERTIB UPACARA

SD MODERN AL-RIFA’IE

A.   Petugas Upacara

  1. Pengatur Upacara atau Tura sebanyak satu orang
  2. Petugas Pengibar Bendera Merah Putih sebanyak tiga orang
  3. Pemimpin Upacara sebanyak satu orang
  4. Pembina Upacara sebanyak satu orang biasanya dari pihak guru atau kepala sekolah, jangan dari pihak tata usaha
  5. Ajudan Upacara Bendera
  6. Pemimpin Kelompok , sebanyak jumlah kelompok yang ada
  7. Pembawa Acara
  8. Tim Obade atau Paduan Suara
  9. Peserta Upacara
  10. Pembaca Pembukaan Undang – Undang Dasar 1945
  11. Pembaca Doa

B.   Atribut Petugas Upacara Bendera

  1. Naskah Teks Susunan Acara Upacara Bendera
  2. Naskah Teks Pancasila
  3. Naskah Teks Pembukaan Undang – Undang Dasar 1945
  4. Naskah Teks Doa Upacara Bendera Hari Senin
  5. Naskah Teks Janji Siswa
  6. Bendera Merah Putih Ukuran Upacara Bendera Hari Senin
  7. Selempang Petugas Upacara Bendera (Jika dibutuhkan)
  8. Sound Sistem dan perlengkapan lainnya

 

C.   Susunan Acara Upacara Bendera Hari Senin


  1. Dengan ucapan Bismiilahirahmanirrahim, upacara Bendera Hari Senin, Tanggal.........Bulan.............Tahun .............. akan segera dimulai.
  2. Masing-masing pemimpin kelompok menyiapkan barisannya.
  3. Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara.
  4. Penghormatan kepada pernimpin upacara, dipimpin oleh pemimpin kelompok yang paling kanan
  5. Laporan masing-masing pemimpin kelompok kepada pemimpin upacara
  6. Laporan pengatur upacara kepada pembina upacara
  7. Pembina upacara memasuki lapangan upacara
  8. Penghormatan peserta upacara kepada pembina upacara
  9. Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara bahwa upacara siap dilaksanakan
  10. Pengibaran bendera merah putih diiringi lagu Indonesia raya
  11. Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara
  12. Pembacaan teks pembukaan Undang-undang dasar 1945
  13. Pembacaan teks pancasila oleh pembina upacara yang diucap ulang oleh seluruh peserta upacara
  14. Amanat pembina upacara, pasukan diistirahatkan
  15. Barisan di siapkan
  16. Menyanyikan lagu wajib nasional
  17. Pembacaan Janji /Ikrar Siswa
  18. Pembacaan doa
  19. Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara bahwa upacara telah selesai
  20. Penghorrnatan peserta upacara kepada pembina upacara
  21. Pembina upacara meninggalkan lapangan upacara
  22. Pemimpin upacara rnenyerahkan pimpinan
  23. Pemimpin upacara meninggalkan lapangan upacara
  24. Dewan guru berkenan meninggalkan lapangan upacara
  25. Pengurnuman-pengumuman
  26. Upacara selesai masing-masing pemimpin barisan membubarkan barisan nya

 

D.   Kalimat aba – aba yang diucapkan oleh petugas upacara bendera

  1. Siap grak
  2. Kepada Pemimpin Upacara Hormat Grak
  3. Lapor kelompok 1 siap
  4. Pemimpin : Lapor Upacara Bendera hari senin, tanggal..............., bulan...............tahun............. segera dilaksanakan, laporan selesai.... pembina : laksanakan.........pemimpin : siap laksanakan
  5. Pemimpin : Lapor Upacara Bendera hari senin, tanggal..............., bulan...............tahun............. segera dilaksanakan, laporan selesai.... pembina : laksanakan.........pemimpin : siap laksanakan
  6. Kepada bendera merah putih...hormat..grak..
  7. Untuk Para Pahlawan Kita yang telah meninggalkan kita..mari kita sejenak mengheningkan cipta. Mengheningkan cipta dimulai...
  8. Untuk Amanat ..istirahat ditempat grak.....
  9. Pemimpin : Lapor Upacara Bendera hari senin, tanggal..............., bulan...............tahun............. telah dilaksanakan, laporan seleseai.... pembina : bubarkan.........pemimpin : siap bubarkan
  10. komando saya serahkan kembali ke pemimpin kelompok masing-masing..laksanakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f