Langsung ke konten utama

50 Contoh Soal Akidah Akhlak Kelas 6 MI


Soal Akhlak

1.      Perasaan harga diri seseorang menurun karena merasa melanggar aturan adalah pengertian dari rasa…

Sombong

b.      syukur

c.       Malu

d.      Jujur

2.      Malu adalah bagian dari iman. Iman tempatnya di Surga sedangkan perilaku kasar tempatnya di….

a.       Neraka

b.      Surga

c.       Firdaus

d.      Alam kubur

3.      Sikap malu yang benar adalah….

a.       malu bila tidak sholat

b.      malu apabila beribadah

c.       malu apabila berkata sesuai dengan kenyataan

d.      malu  jika berpuasa di bulan Ramadhan

4.      Berikut yang termasuk rasa malu yang tidak benar adalah….

a.       malu bila tidak sholat

b.      malu apabila berlaku sopan

c.       malu bila tidak jujur dengan lisan dan perbuatan

d.      malu tidak berpuasa dibulan ramadhan

5.      Contoh rasa malu yang benar adalah

a.       Udin membantu ibu menyapu  karena ingin mendapatkan uang saku

b.      Belajar demi mendapatkan juara kelas

c.       Tidak mengejek teman yang belum mengerjakan tugas

d.      Tono merasa malu karena telah meninggalkan sholat fardhu

6.      Doni berasal dari keluarga yang kurang mampu, namun Doni sering  bergaya seakan-akan menjadi anak orang kaya. Termasuk sikap apa yang dilakukan oleh Doni tersebut…

a.       Pemalu

b.      Tidak tahu malu

c.       Qona’ah

d.      jujur

7.      Rasa tidak tahu malu merupakan sikap yang tercela atau sikap buruk, sehingga kita harus…

a.       Lakukan

b.      Tiru

c.       Contoh

d.      Jauhi

8.      Menerima segala ketentuan Allah SWT dengan rasa lapang dada dan dengan penuh kesabaran adalah pengertian dari….

a.       sombong

b.      Toleransi

c.       Qona’ah

d.      Syukur

9.      Kebalikan sifat qana’ah adalah ....

a.       pemboros

b.      serakah

c.       dermawan

d.      tenteram

 

10.  Sifat qanaah dapat menjadikan hidup seseorang menjadi …..

a.       tamak

b.      miskin

c.       tenteram

d.      kaya

11.  Sikap orang yang suka menerima dengan lapang dada dalam Islam disebut ....

a.       qanaah

b.      tawaduk

c.       takabur

d.      istiqomah

12.  Bukanlah orang yang kaya itu karena banyak hartanya, tetapi orang yang kaya sebenarnya adalah orang yang ….

a.       Kaya hatinya

b.      Banyak hartanya

c.       Memiliki warisan banyak dari orang tuanya

d.      Memiliki rumah dan mobil yang banyak

13.  Setiap makhluk diberikan rezeki oleh Allah dengan ukuran yang  ....

a.       berbeda-beda

b.      sama

c.       selalu berlebihan

d.      selalu kurang

14.  Sikap kita dalam menerima rezeki dari Allah yaitu menerima dengan rasa ....

a.       syukur

b.      takabur

c.       suudzon

d.      mengeluh

15.  Allah SWT akan menambahkan nikmat kepada orang yang....

a.       mau bersyukur

b.      kufur

c.       munafik

d.      kafir

16.  Ancaman Allah SWT terhadap orang yang tidak mau bersyukur adalah....

a.       kehidupan di surga

b.      siksa yang sangat pedih

c.       kehidupan bahagia di akhirat

d.      kemuliaan di akhirat

17.  Berikut yang termasuk contoh sifat qona’ah adalah…..

a.       Menjawab soal ujian dengan mencari jawaban dari teman

b.      Belajar dengan giat meskipun tidak selalu mendapatkan uang saku

c.       Meminta uang saku untuk membeli alat tulis

d.      Meminta uang saku lebih dari orang tua

18.  Zahra adalah seorang santri di sebuah pondok pesantren. Ia tidak sering dijenguk oleh kedua orang tuanya, namun ia tetap melaksanakan kewajibannya untuk belajar dan selalu belajar menerima keadaan tersebut. Sikap apakah yang ditunjukkan oleh Zahra?

a.       Qona’ah

b.      Jujur

c.       Ceroboh

d.      Rakus

19.  Mengungkapkan sesuatu kebenaran apa adanya tanpa menambah atau mengurangi kebenaran itu sendiri disebut…..

a.       Qona’ah

b.      Jujur

c.       Ceroboh

d.      rakus

20.  Edo dititipi uang saku oleh teman sekelasnya. Ketika jam istirahat ia tidak sengaja menggunakan uang tersebut untuk jajan. Sikap apa yang seharusnya dilakukan oleh Edo?

a.       Menutupi kesalahan dirinya

b.      Meminta maaf dan mengganti uang temannya tersebut

c.       Tidak memberitahu kalau uang tersebut telah habis

d.      Mengatakan kalau uang saku tersebut hilang

21.  Berjalan di depan guru kita adalah perbuatan yang …

a.       Baik

b.      Tidak sopan

c.       Sopan

d.      Berakhlak

22.  Hal penting yang perlu diperhatikan saat belajar adalah

a.       Mencatat hal-hal yang penting

b.      Berbicara seperlunya

c.       Istirahat bila perlu

d.      Mencari teman untuk menemani

23.  Dirikanlah sholat malam atau sholat tahajjud agar kita mendapatkan ….

a.       Pahala yang besar

b.      Anugrah

c.       Mukjizat

d.      Petunjuk Allah SWt

24.  Sebagian sifat orang yang bertawakal pada Allah adalah..

a.       pendiam

b.      Sopan

c.       Jujur

d.      Menerima segalanya

25.  Apa yang dimaksud kibriya’..

a.       Sifat jujur

b.      Sifat mulia

c.       Sifat agung  dan mulia

d.      Sifat halus

26.  Dalam bergaul kita harus memilih teman yang baik. Teman yang baik adalah teman yang …..

a.       Jujur

b.      Suka bohong

c.       Suka berjuang

d.      Dapat diajak kerjasama

27.  Menurut kitab Ta’lim, ilmu manakah yang harus dipelajari…

a.       IPA

b.      sosial

c.       Tauhid

d.      Berdagang

28.  Ketika mencari ilmu, maka kita harus tawakal, yang mana arti tawakal adalah ….

a.       Memohon perlindungan Allah SWT

b.      Berserah diri kepada Allah SWT

c.       Meminta pertolongan kepada Allah SWT

d.      Bersyukur kepada Allah SWT

29.  Menyerahkan segala sesuatu urusan dunia kepada Allah SWT setelah berusaha sekuat tenaga disebut …

a.       Tawakal

b.      Taklid

c.       Takwa

d.      Tadzabbur

30.  Waktu yang lebih utama untuk belajar adalah …..

a.       Sore

b.      Siang

c.       Setelah Maghrib

d.      Sebelum Dhuhur

31.  Menurut kitab ta’lim, jika kita sudah bosan dalam mempelajari suatu pelajaran hendaknya kita beralih ke pelajaran yang …

a.       Lebih sulit

b.      Lain

c.       Sama

d.      Tidak berbeda

32.  Ketika sudah bosan dan merasa mengantuk, maka hendaknya kita …..

a.       Minum

b.      Berwudhu

c.       Sholat

d.      Tidur

33.  Masa muda menjadi waktu yang ……….. dalam mencari ilmu

a.       Sulit

b.      Gampang

c.       Berliku-liku

d.      Utama

34.  Waktu luang yang panjang, hendaknya dipakai untuk…….

a.       Berfoya-foya

b.      Bermain dengan teman

c.       Belajar

d.      bercengkerama

35.  Seharusnya orang yang mencari ilmu dalam setiap waktunya, hendaknya dipergunakan untuk mencari ….. Allah SWT.

a.       Kehendak

b.      Murka

c.       Ridho

d.      Marah

36.  Benda yang harus dibawa oleh pelajar saat belajar di sekolah adalah …..

a.       Alat tulis lengkap

b.      Makanan

c.       Minuman

d.      Tas sekolah

37.  Terlalu banyak tidur dan banyak makan akan menyebabkan daya ingat …..

a.       Bertambah

b.      Naik

c.       Berkurang

d.      Hilang

38.  Ketika menuntut ilmu, pasti akan mengalami masa-masa sulit dalam memahami sebuah pelajaran, sehingga kita harus …

a.       Menyerah

b.      Bersabar

c.       Qonaah

d.      Ikhtiar dan tawakal

39.  Wira’i adalah …

a.       Menjaga diri dari perkara yang sunnah

b.      Menjaga diri dari hal yang haram

c.       Menjaga diri dari perbuatan makruh

d.      Menjaga diri berperilaku baik

40.  Zuhud adalah …

a.       Bersikap tidak mencintai dunia

b.      Bersikap tidak mencintai dunia dan akhirat

c.       Bersikap mencintai dunia

d.      Bersikap mencintai akhirat

41.  Rezeki orang tua  yang halal akan berpengaruh pada….

a.       Keberkahan ilmu

b.      Kemewahan anak saat menuntut ilmu

c.       Kesederhanaan anak

d.      Kesulitan dalam menuntut ilmu

42.  Hendaknya saat belajar, kita menghadap …

a.       Ke arah timur

b.      Ke arah kiblat

c.       Ke arah timur

d.      Ke arah guru

43.  Menjaga akhlak adalah keharusan bagi siswa agar ilmu yang didapatkan dapat ….

a.       Kesederhanaan anak

b.      Keberkahan ilmu

c.       Kemewahan anak saat menuntut ilmu

d.      Kesulitan dalam menuntut ilmu

44.  Jangan terlalu banyak ……….. agar tidak membuang waktu hanya untuk berkata yang tidak ada manfaatnya.

a.       Berbicara

b.      Makan

c.       Minum

d.      Mengerjakan tugas

45.  Bertemanlah dengan teman yang …… agar kita menjadi orang yang wira’i.

a.       Baik

b.      Khianat

c.       kadzab

d.      Sombong

46.  Bersikap wira’i termasuk akhlak yang …..

a.       Karimah

b.      Batil

c.       Murka

d.      husnudzan

47.  Jika tidak bersikap wira’i ketika dalam masa menuntut ilmu maka ilmu yang dipelajari akan…..

a.       Sederhana

b.      Berkah

c.       Tidak hilang

d.      Kesulitan dipahami

48.  Amalan yang dapat memperlancar rezeki menurut kitab ta’lim adalah …

a.       Membaca waqiah di waktu malam hari

b.      Membaca waqiah di waktu siang hari

c.       Bangun kesiangan

d.      Tidak mau mendoakan kedua orang tua

49.  Menurut kitab ta’lim berbuat kebaikan, tidak menyakiti orang lain, memuliakan orang tua, menjaga silaturahim merupakan beberapa amalan yang ….

a.       Menambah kebaikan

b.      Menambah umur atau usia

c.       Menambah pahala

d.      Menambah rasa syukur

50.  Menurut kitab ta’lim menyisir dengan sisir yang sudah pecah, tidak mau mendoakan kedua orang tua,, memakai serban dengan duduk , memakai celana dengan berdiri, kikir, irit,  berlebihan, dan malas akan menyebabkan …..

a.       Kekafiran

b.      Kekufuran

c.       Kefakiran

d.      keafdholan

 

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f