Langsung ke konten utama

Kumpulan 50 Soal PAI Pendidikan Agama Islam Kelas 3 SD 2020

 


       I.            Berilah tanda (x) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar !

1.      Anak yang terbiasa mencuci piring sendiri setelah makan, berarti anak yang …

a.       Manja

b.      Berani

c.       Mandiri

d.      Rajin

2.      Nabi Muhammad saw memiliki sifat yang mandiri. Hal ini dapat dilihat saat kecil Nabi Muhammad saw bekerja sebagai …

a.       Pedagang

b.      Penggembala

c.       Petani

d.      Nelayan

3.      Di bawah ini yang tidak termasuk contoh sikap mandiri adalah …

a.       Mengerjakan ulangan dengan kemampuan sendiri

b.      Mencuci baju sendiri yang kotor

c.       Makan sendiri tanpa berbagi dengan teman

d.      Membereskan kamar tidur sendiri

4.      Sikap percaya diri akan memunculkan sikap …

a.       Pesimis

b.      Optimis

c.       Dinamis

d.      Romantis

5.      Paman Nabi Muhammad saw yang mengajarkan dirinya berdagang adalah …

a.       Abu Thalib

b.      Hamzah

c.       Abdullah

d.      Abdul Muthalib

6.      Berusaha bekerja dengan penuh ketekunan dan disiplin adalah ciri orang yang memiliki sikap …

a.       Percaya diri

b.      Mandiri

c.       Rendah hati

d.      Rendah diri

7.      Sifat utama pada anak yang mempunyai rasa percaya diri adalah ..

a.       Suuzan

b.      Hasad

c.       Takabbur

d.      Husnuzan

8.      Lomba hafalan ayat Al-Qur’an memerlukan rasa … yang kuat.

a.       Mandiri

b.      Tawakkal

c.       Percaya diri

d.      Sabar

9.      Tempat pertama kali Nabi Muhammad saw menyampaikan dakwah secara terbuka adalah …

a.       Bukit Shafa

b.      Bukit Tursina

c.       Goa Hira’

d.      Goa Tsur

10.  Berani berbicara di depan kelas untuk menjawab pertanyaan guru adalah contoh sikap …

a.       Percaya diri

b.      Mandiri

c.       Tawaduk

d.      Ikhlas

11.  Surah an-Nasr dalam Al-Qur’an terdapat pada juz …

a.       10

b.      20

c.       30

d.      25

12.  Surah yang turun sebelum surah an-Nasr adalah surah …

a.       Al-Baqarah

b.      At-Taubah

c.       Ali ‘Imron

d.      Al-Ikhlas

13.  Fasabbih bihamdi rabbika wastagfir(u) innahu kana tawwaba. Merupakan bunyi surah an-Nasr ayat …

a.       Pertama

b.      Kedua

c.       Ketiga

d.      Keempat

14.  Dzat yang bisa memberi pertolongan kepada semua makhluk hanyalah …

a.       Orang tua

b.      Guru

c.       Allah Swt

d.      Tetangga

15.  Jika seseorang melakukan kesalahan kepada kita, hendaknya …

a.       Dimarahi

b.      Didiamkan

c.       Dimaafkan

d.      Dijauhi

16.  Panglima perang yang memimpin kaum muslimin ketika memasuki Mekah bernama …

a.       Khalid bin Walid

b.      Abu Bakar as-Siddiq

c.       Umar bin Khattab

d.      Ali bin Abi Thalib

17.  Kaum yang masuk Islam secara berbondong-bondong adalah …

a.       Kaum Aus

b.      Kaum Quraisy

c.       Kaum Khazraj

d.      Kaum Yahudi

18.  Banyaknya kaum muslimin yang dating ke Mekah pada peristiwa Fathu Mekah adalah …

a.       1.000 orang

b.      5.000 orang

c.       10.000 orang

d.      15.000 orang

19.  Setelah berhasil ditaklukkan kaum muslimin, orang-orang Quraisy …

a.       Meninggalkan Mekah

b.      Masuk Islam

c.       Dipenjara

d.      Dijadikan budak

20.  “Yadkhuluna” pada ayat kedua surah an-Nasr artinya …

a.       Apabila telah dating

b.      Masuk

c.       Kemenangan

d.      Dan engkau melihat 

21.  “tawwaba” pada ayat ketiga surah an-Nasr artinya …

a.       Penerima pujian

b.      Pemohon ampunan

c.       Penerima tobat

d.      Penerima kurban

22.  Contoh tanda kekuasaan dan keesaan Allah Swt yang ada di langit adalah …

a.       Matahari

b.      Tumbuhan

c.       Hewan

d.      Manusia

23.  Di dalam surah al-Ikhlas ayat kedua menjelaskan bahwa Allah tempat kita …

a.       Bermunajat

b.      Bergantung

c.       Mengadu

d.      Bernostalgia

24.  Orang yang beriman kepada Allah Swt disebut …

a.       Musyrik

b.      Mukmin

c.       Haram

d.      Boleh

25.  Banyaknya Asmaul Husna ada … nama

a.       99

b.      98

c.       97

d.      96

26.  Makna memiliki Asmaul Husna Al-Wahid yang berarti …

a.       Allah Maha Pemberi

b.      Allah Maha Esa

c.       Allah Maha Pengasih

d.      Allah Maha Pemurah

27.  Pada sila pertama Pancasila menjelaskan bahwa Allah Swt adalah …

a.       Tuhan Maha Memberi

b.      Tuhan Mahakaya

c.       Tuhan Maha Esa

d.      Tuhan Maha Adil

28.  Bukti bahwa Allah Swt Maha Esa karena tidak beranak dan tidak diperanakkan terdapat dalam Q.S. al-Ikhlas ayat …

a.       Satu

b.      Dua

c.       Tiga

d.      Empat

29.  Orang yang meyakini Asmaul Husna al-Wahhab selalu yakin bahwa Allah pasti akan memberinya …

a.       Kecerdasan

b.      Surga

c.       Rezeki

d.      Kekuatan

30.  Berikut ini yang tidak termasuk ciptaan Allah Swt adalah …

a.       Bintang

b.      Computer

c.       Matahari

d.      Bulan

31.  Belajar dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan ilmu pengetahuan yang luas merupakan bentuk syukur atas pemberian Allah berupa

a.       Akal

b.      Mata

c.       Mulut

d.      Tangan

32.  Perlindungan, pertolongan dan petunjuk bagi manusia seluruh alam semesta diberikan oleh …

a.       Guru

b.      Malaikat

c.       Allah

d.      Rasul

33.  Surah an-Nasr termasuk golongan surat …

a.       Makiyah

b.      Misriyah

c.       Thaifiyah

d.      Madaniyah

34.  Dalam surah an-Nasr ayat ketiga terdapat perintah untuk …

a.       Mendirikan sholat

b.      Berkurban

c.       Mengikhlaskan niat

d.      Membaca tasbih dan istighfar

35.  Anak yang mempuyai sikap percaya diri … apabila menghadapi musibah.

a.       Menangis

b.      Putus asa

c.       Marah

d.      Tegar

36.   Heru berangkat sekolah sendiri tanpa ditemani orang tuanya. Sikap Heru mencerminkan sikap …

a.       Pesimis

b.      Optimis

c.       Mandiri

d.      Manja

37.  Abdul Muthalib adalah nama dari … Nabi Muhammad SAW.

a.       Kakek

b.      Ayah

c.       Paman

d.      Saudara

38.  Seorang siswa yang memiliki rasa … tidak akan mudah dipengaruhi orang lain.

a.       Mandiri

b.      Percaya diri

c.       Tanggung jawab

d.      Rendah diri

39.  Orang yang percaya diri selalu mempunyai … yang kuat dalam hatinya.

a.       Keyakinan

b.      Keraguan

c.       Kejujuran

d.      Keikhlasan

40.  Surah al-Ikhlas ayat 3 membuktikan bahwa Allah Swt berbeda dengan …

a.       Dzat-Nya

b.      Kehendak-Nya

c.       Sifat-Nya

d.      Makhluk-Nya

41.  Allah Swt menciptakan manusia dari …

a.       Udara

b.      Api

c.       Cahaya

d.      Tanah

42.  “Katakanlah: “Dia-lah Allah, yang Maha Esa” merupakan terjemahan surah al-Ikhlas ayat …

a.       4

b.      3

c.       2

d.      1

43.  Di bawah ini yang merupakan contoh sikap mandiri Nabi Muhammad saw adalah …

a.       Memimpin paukan perang

b.      Berangkat hijrah ke Madinah

c.       Menjahit bajunya yang robek

d.      Berdakwah kepada kaum kafir

44.  Berikut ini contoh orang yang memiliki sikap percaya diri adalah …

a.       Haris merasa minder ketika diikutkan perlombaan

b.      Ida merasa putus asa karena menjadi orang yang tak punya

c.       Andi mengerjakan ulangan tanpa bertanya kepada temannya

d.      Karena tidak segera mendapatka pekerjaan, Hanif menjadi peminta-minta

45.  Kita selalu memohon kepada Allah Swt. Permohonan kita kepada Allah dinamakan …

a.       Sholat

b.      Ibadah

c.       Doa

d.      Iman

46.  Contoh yang benar dalam mensyukuri pemberian Allah Swt yang berupa mulut adalah …

a.       Membicarakan kejelekan teman

b.      Selalu berkata jujur

c.       Membaca Al-Qur’an untuk pamer

d.      Makan disembarang tempat

47.  Contoh yang benar dalam mensyukuri pemberian Allah Swt yang berupa telinga adalah …

a.       Mendengarkan pembicaraan orang lain

b.      Mendengarkan perkataan jelek

c.       Mendengarkan bacaan Al-Qur’an

d.      Mendengarkan hal-hal yang tidak baik

48.  Iblis dilaknat oleh Allah Swt karena …

a.       Kejahatannya

b.      Kesombongannya

c.       Kebodohannya

d.      Kekuatannya

49.  Orang yang membaca Al-Qur’an akan mendapat …

a.       Pahala

b.      Pujian

c.       Dosa

d.      Cacian

50.  Surat An-Nasr terdiri dari … ayat.

a.       2

b.      3

c.       4

d.      5

 

 

RajaBackLink.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f