Langsung ke konten utama

Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Tematik Kelas 3 tahun 2020-2021 beserta kunci jawabannya

 


Selamat datang di blog berbagi ini. Kali ini sahabat kuliah akan membagikan soal-soal Penilaian Akhir Semester Ganjil  Kelas 3 tahun 2020-2021 beserta kunci  jawabannya. Saya rasa ini penting untuk dijadikan bahan bagi guru  untuk menginput nilai nanti saat PAS atau Penilaian Akhir Semester Ganjil  kelas untuk dijadikan sebagai Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Tematik Kelas 3 tahun 2020-2021. Apalagi saat ini kita sedang dalam proses pembelajaran daring atau online. Orang tua juga tentunya kalau dalam kondisi pandemic saat ini tentunya nggak akan betah kalau harus mikir sendiri jika mendampingi anak-anaknya saat belajar dirumah. Dengan ini juga saya harap bisa membantu wali murid kelas 3 SD agar bisa mendampingi putra-putrinya saat belajar di rumah.

Dengan  soal latihan PAS ganjil Kelas 3 tahun 2020-2021 semoga bermanfaat bagi semua orang. Khususnya orang tua dan siswa yang sedang belajar dengan semangat di rumah saja.

Selamat membaca sampai habis , biar wawasan adik-adik kelas 3 semakin luas. Berikut adalah Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil  Kelas 3 tahun 2020-2021 beserta kunci  jawabannya.

1.       Tidak membeda-bedakan teman saat bermain mencerminkan Pancasila sila ke ….

a.       Pertama

b.      Kedua

c.       Ketiga

d.      Keempat

Kunci jawaban : b

2.       Kewajiban berhubungan dengan …

a.       Tugas

b.      Tata tertib

c.       Disiplin

d.      Usaha

Kunci jawaban : a

 

3.       Kewajiban dan hak harus …

a.       Lebih banyak kewajiban

b.      Lebih banyak hak

c.       Seimbang

d.      Berat sebelah

Kunci jawaban : c

 

4.       Berikut yang merupakan contoh kewajiban siswa di dalam kelas adalah …

a.       Bertanya kepada guru

b.      Memperhatikan penjelasan guru

c.       Membaca buku

d.      Menjelaskan kepada siswa

Kunci jawaban : b

 

5.       Papan merupakan sebutan untuk …

a.       Rumah

b.      Makanan

c.       Pakaian

d.      Mobil

Kunci jawaban : a

 

6.       Roni ingin mengikuti lomba lari. Sepatu Roni rusak dan berlubang. Saran yang tepat untuk Roni adalah …

a.       Roni harus meminta dibelilkan sepatu baru oleh pihak sekolah

b.      Sebaiknya Roni tidak ikut lomba lari

c.       Roni harus meminta uang kepada ibu untuk membeli sepatu terbaru

d.      Sebaiknya Roni meminjam sepatu temannya terlebih dahulu

Kunci jawaban : d

 

7.       Saran yang tepat jika kamu melihat teman membuang sampah sembarangan di halaman adalah …

a.       Menasihati agar membuang sampah di tempat sampah

b.      Memarahi teman

c.       Membentaknya

d.      Melaporkan teman ke pada guru

Kunci jawaban : a

 

8.       Lala anak yang sangat rajin di kelas. Ia pun menjadi bintang kelas dan disayangi oleh guru. Saran yang tepat untuk Laila adalah…

a.       Jangan terlalu memuji Lala

b.      Terkadang menjadi pemalas tidak masalah

c.       Sebaiknya Lala selalu menjadi anak yang rajin

d.      Sebaiknya Lala tidak melebih-lebihkan

Kunci jawaban : c

 

9.       Paman membeli batu bata sebanyak 334 buah. Paman membeli lagi sebanyak 156 buah. Jumlah batu bata yang dibeli Paman sebanyak ….. buah.

a.       490

b.      590

c.       690

d.      790

Kunci jawaban : a

 

10.   Dua bilangan yang hasil kalinya sama dengan 24 adalah …

a.       3 dan 7

b.      6 dan 3

c.       4 dan 8

d.      6 dan 4

Kunci jawaban : d

 

11.   Jika jumlah seluruh siswa ada 350 sedangkan 30 siswa tidak masuk sekolah, maka jumlah siswa yang masuk sekolah adalah ….. siswa

a.       320

b.      340

c.       370

d.      380

Kunci jawaban : a

 

12.   Pak guru membeli 7 kotak kapur tulis. Tiap kotak berisi 32 batang kapur tulis. Kapur itu dibagikan kepada 8 kelas sama rata. Jumlah kapur yang diterima oleh setiap kelas adalah.. batang

a.       20

b.      24

c.       28

d.      32

Kunci jawaban : c

 

13.   Teknik yang bertujuan untuk memberikan bola basket kepada teman atau rekan satu tim disebut dengan teknik …

a.       Memantulkan

b.      Melempar

c.       Menggiring

d.      Menembak

Kunci jawaban : b

 

14.   Sakit kepala, gangguan syaraf, penurunan daya tahan tubuh, penurunan daya pikir, dan kelelahan otot-otot gerak adalah gangguan kesehatan akibat kurang …

a.       Bergerak

b.      Tidur

c.       Makan

d.      Olahraga

Kunci jawaban : d

 

15.   Salah satu kegunaan istirahat adalah …

a.       Melemaskan badan

b.      Membuat kita kelelahan

c.       Menidurkan badan

d.      Menyegarkan tubuh

Kunci jawaban : d

 

16.   Kegiatan waktu luang yang dapat menyehatkan tubuh adalah …

a.       Membaca buku cerita

b.      Melihat televise sambil tiduran

c.       Berenang

d.      Makan bersama teman

Kunci jawaban : c

 

17.   Warna merah termasuk kedalam warna …

a.       Campuran

b.      Sekunder

c.       Tersier

d.      Primer

Kunci jawaban : d

 

18.   Ketukan dalam sebuah lagu digambarkan seperti bunyi …

a.       Detak jarum jam

b.      Detak jantung

c.       Sirine mobil

d.      Dering telepon

Kunci jawaban : a

 

19.   Contoh gerak  kepala dalam tari adalah …

a.       Melompat

b.      Menggeleng

c.       Bersila

d.      Bersimpuh

Kunci jawaban : b

 

20.   Untuk menghasilkan karya yang bagus, seseorang harus memiliki …

a.       Alat

b.      Bahan

c.       Buku panduan

d.      Kreativitas

Kunci jawaban : d

 

Sahabat tugas kuliah, bagaimana menurut anda mengenai soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Tematik Kelas 3 tahun 2020-2021 beserta kunci  jawabannya. Semoga bisa bermanfaat. Oh iya untuk lebih lengkap mengenai jawaban dari soal-soal tersebut alangkah baiknya anda melihat pembahasannya.

Terimakasih sudah berkunjung di blog berbagi kami. Selamat belajar.

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f