Langsung ke konten utama

Soal Penilaian Tengah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 kelas 3

Hai, selamat pagi. akhirnya saya bisa menyelesaikan tugas Tema 1 kelas 3 yaitu membuat soal PTS kelas 3 tahun ajaran 2020/2021.

Selamat membaca blog saya. semoga bermanfaat
 

Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !


PKN
1.    Menjenguk teman sakit merupakan pencerminan pancasila sila ke …
a.    1
b.    2
c.    3
d.    4
2.    Beribadah sesuai dengan agama masing-masing adalah salah satu contoh pengamalan Pancasila sila ke ….
a.    1
b.    2
c.    3
d.    4
3.    Lambang dari sila ke satu pada Pancasila adalah ….
a.    Beringin
b.    Kepala banteng
c.    Bintang
d.    Rantai
4.    Bersungguh-sungguh dalam menjalankan ajaran agama merupakan bentuk pengamalan Pancasila sila ke …
a.    Satu
b.    Dua
c.    Tiga
d.    Empat
5.    Dina suka makan tahu, sedangkan Andi suka makan tempe. Sebagai teman, mereka berdua harus…
a.    Acuh tak acuh
b.    Membenci
c.    Tidak saling menyapa
d.    menghormati
6.    Lambang sila ke dua Pancasila adalah
a.    Kepala banteng
b.    Beringin
c.    Rantai
d.    Bintang
7.    Sikap saling menghormati antarsesama termasuk pengamalan sila ke ...
a.    2
b.    3
c.    4
d.    5

8.    Doni beragama Islam, sedangkan Danu beragama Budha, maka sikap yang harus dilakukan oleh mereka berdua adalah ….
a.    Bertengkar
b.    Berkelahi
c.    Saling menghormati dan menghargai
d.    Saling mengejek
9.    Berikut yang tidak termasuk pengamalan sila ke dua Pancasila adalah …
a.    Saling menyayangi teman
b.    Hormat kepada guru
c.    Bertindak seenaknya kepada semua anggota warga sekolah
d.    Saling tolong menolong antar teman
10.    Sikap yang mencerminkan kerja sama di sekolah adalah…
a.    mengerjakan ulangan
b.    piket kelas
c.    makan sarapan
d.    lomba lari


Bahasa Indonesia
11.    Agar dapat tumbuh dan berkembang, makhluk hidup harus….
a.    Bergerak
b.    Tidur
c.    Makan dan minum
d.    bergaul
12.    Makan makanan yang sehat dan seimbang gizinya dapat membantu…
a.    pertumbuhan dan perkembangan tubuh
b.    kehidupan menjadi rukun
c.    menguruskan tubuh
d.    menurunkan kesehatan tubuh
13.    Berikut merupakan urutan daur hidup kupu-kupu adalah ...
a.    Telur – ulat – kupu-kupu – kepompong
b.    Telur – kepompong – ulat – kupu-kupu
c.    Telur – ulat – kepompong - kupu-kupu
d.    Kupu-kupu – kepompong – ulat – telur
14.    Daur hidup hewan yang tidak mengalami tahapan pupa adalah…
a.    Katak
b.    Kupu-kupu
c.    Kumbang
d.    lalat
15.    Ayam berkembangbiak dengan cara ….
a.    Beranak
b.    Bertelur
c.    Membelah diri
d.    Bertelur dan beranak
16.    Salah satu tumbuhan dibawah ini yang berkembang biak dengan tunas …
a.    Pohon rambutan
b.    Pohon pisang
c.    Pohon jambu
d.    Pohon beringin
17.    Salah satu cara tubuh beristirahat saat terasa lelah adalah …
a.    Belajar
b.    Bermain
c.    Tidur
d.    Makan
18.    Cocor bebek merupakan tumbuhan yang bisa berkembang biak secara vegetatif dengan …
a.    Daun
b.    Batang
c.    Akar
d.    Biji
19.    Perkembangbiakan dengan cara mencangkok bisa terjadi karena ada bantuan dari …
a.    Angin
b.    Manusia
c.    Batang
d.    Akar
20.    Tumbuhan yang berkembang biak dengan biji adalah….
a.    Pisang
b.    Kedelai
c.    Tebu
d.    Bunga cocor bebek

Matematika
21.    Lambang bilangan dari tujuh ribu lima ratus limah puluh dua adalah…
a.    7.552
b.    7.502
c.    7.520
d.    7.552
22.    Lambang bilangan dari seribu lima ratus lima puluh satu adalah…
a.    1.551
b.    1.515
c.    1.155
d.    1.115
23.    Nilai tempat bilangan 5 pada angka 6.750 adalah …
a.    Satuan
b.    Puluhan
c.    Ratusan
d.    Ribuan
24.    Angka 7.552 jika ditulis dengan nama bilangan adalah ….
a.    Tujuh ratus lima puluh lima
b.    Tujuh ribu lima ratus lima puluh dua
c.    Tujuh ribu dua ratus dua puluh lima
d.    Tujuh ribu lima ratus dua puluh lima

25.    Ibu memiliki 1.500 kg beras. Kemudian beras tersebut diberikan kepada tetangga sebanyak 1.350 kg beras. Berapa sisa beras ibu sekarang …. beras
a.    220 kg
b.    150 kg
c.    250 kg
d.    100 kg
26.    Jika hasil panen jagung Pak Anam dari ladang pertamanya adalah 2.680 kg kemudian hasil panen jagung dari ladang kedua adalah 5.614 kg. Maka, jumlah total keseluruhan panen jagung Pak Anam adalah… kg jagung
a.    8.294
b.    8.394
c.    8.594
d.    8.494
27.    164 x 5 = …..
Nilai yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah ….
a.    800
b.    820
c.    169
d.    564
28.    Tuti membeli 8 kotak krayon. Setiap kotak krayon berisi 30 krayon. Maka jumlah krayon Tuti adalah ….
a.    380 krayon
b.    240 krayon
c.    110 krayon
d.    38 krayon
29.    Ibu membeli 5 keranjang buah jeruk. Setiap keranjang berisi 30 buah jeruk. Banyak jeruk seluruhnya adalah….
a.    150 buah
b.    105 buah
c.    35 buah
d.    80 buah
30.    Pak Amir memiliki 100 ekor ikan lele. Ia akan membagikan kepada 10 tetangga dekatnya. Berapa jumlah lele yang diterima oleh setiap tetangga pak Amir…..
a.    10 ekor ikan lele
b.    110 ekor ikan lele
c.    90 ekor ikan lele
d.    50 ekor ikan lele
Olahraga
31.    Menggerakkan kaki maju ke depan dalam posisi yang benar secara bergantian disebut …
a.    Menendang
b.    Melompat
c.    Berjalan
d.    Berguling
32.    Salah satu contoh gerak kaki adalah …
a.    Berjalan
b.    Memukul
c.    Membungkuk
d.    menendang
33.    Permainan kuda-kudaan dapat melatih otot …
a.    Punggung
b.    Pinggang
c.    Kaki
d.    Perut
34.    Gerak lokomotor adalah ….
a.    Gerak semu
b.    Gerak lurus
c.    Gerak berpindah posisi
d.    Melompat
35.    Kekuatan otot dapat dilatih dengan ….
a.    Olahraga
b.    Belajar
c.    Banyak makan
d.    Banyak tidur
36.    Garis yang digunakan untuk awal perlombaan adalah …
a.    Garis start
b.    Garis finish
c.    Garis datar
d.    Garis lurus
37.    Gerak dasar disebut juga dengan istilah gerak ….
a.    Lokomotor
b.    Nonlokomotor
c.    Semu
d.    Lurus
38.    Berikut ini contoh gerakan nonlokomotor adalah …
a.    Melompat
b.    Berlari
c.    Diam di tempat
d.    Berjalan
39.    Permainan berlari dan melompat dapat melatih kekuatan …
a.    Pinggang
b.    Punggung
c.    Kaki
d.    Bahu
40.    Gerakan yang banyak dilakukan pada permainan rangku alu adalah…
a.    Duduk
b.    Lompat
c.    Selonjor
d.    Tengkurang
SBdP
41.    Panjang dan pendeknya bunyi disebut …
a.    Irama
b.    Birama
c.    Notasi
d.    Nada
42.    Lagu yang berjudul “Kupu-kupu yang Lucu” diciptakan oleh …
a.    Ibu Sud
b.    W.R. Supratman
c.    A.T. Mahmud
d.    Simanjuntak
43.    Hal atau unsur yang paling penting dalam sebuah tari adalah …
a.    Gerak
b.    Suara
c.    Lagu
d.    Bunyi
44.    Gerakan menirukan tumbuhan dilakukan dengan ……
a.    Menekuk badan
b.    Menggoyangkan badan kiri kanan
c.    Memutar badan
d.    Memutar kedua tangan
45.    Gerakan antara satu penari dengan penari yang lain dalam tari kelompok adalah…
a.    Berantakan
b.    Selaras
c.    Berbeda
d.    berlawanan
46.    Gambar dekoratif biasanya digunakan untuk …
a.    Peralatan sehari-hari
b.    Kebutuhan pokok
c.    Hiasan
d.    Penjelas cerita
47.    Seni menghias suatu benda agar terlihat menarik dan indah disebut dengan gambar …
a.    dekoratif
b.    karikatur
c.    animasi
d.    ilustrasi
48.    Alat yang tidak digunakan dalam menggambar dekoratif adalah …
a.    Pewarna
b.    Kuas
c.    Kertas gambar
d.    Pahat
49.    Menggambar pola ketika akan membuat karya seni mozaik hendaknya menggunakan …
a.    Kuas
b.    Arang
c.    Pensil
d.    Cat air
50.    Cara membuat karya seni mozaik diawali dengan ….
a.    Pola
b.    Ukiran
c.    Bingkai
d.    Pemandangan


Tinggalkan pesan dikolom komentar. Boleh copas asal izin dulu ya..

Semoga bisa bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f