Langsung ke konten utama

Skripsi Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together / NHT terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD

Model Pembelajaran Numbered Head Together

 

Hai semuanya... bingung mau membuat penelitian apa? galau karena judul skripsi tidak segara di terima sama dosen pembimbing. Nah untuk membuat judul yang bisa cepet di ACC sama dosen pembimbing kalian. Kalian bisa membaca artikel saya yang mengenai membuat judul skripsi yang cepet di acc sama dosen pembimbing. 

Sekedar berbagi ya, perlu kita ketahui bahwa penelitian merupakan suatu hal yang bersifat teoritis, praktis dan sistematis untuk mencari, menganalisis, dan memecahkan sebuah permasalahan dengan menggunakan metode penelitian. Temen-temen jangan khawatir ya mengenai tugas akhir kuliah kalian. Skripsi itu gampang banget asalkan kalian tahu alur awal sampai akhirnya. Kalian tentukan permasalah yang ingin kalian cari jawaban sebagai solusinya. kalau sudah menemukan sebuah permasalah, coba kalian searching di google. Setelah lihat-lihat artikel di google, lalu kalian baca 3 atau artikel yang menggunakan tema yang sama. Contohnya di penelitian saya dulu di tahun 2019. Saya menemukan sebuah permasalah dimana siswa di SD sering acuh terhadap sesama, mereka kurang memiliki sikap sosial yang baik terhadap teman. Oleh karena itu, saya mencoba searching di internet mengenai model pembelajaran kelompok. 

<script data-ad-client="ca-pub-3758680469023874" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

Mengapa saya memilih model pembelajaran berkelompok, iya karena permasalahan disini adalah siswa yang saya teliti ada di SDN 2 Sumberejo Gedangan Kabupaten Malang itu ternyata memiliki karakteristik terlalu individual dalam kelas, sehingga saya ingin menyelesaikan permasalah ini dengan cara belajar secara kelompok. Nah, setelah itu kita baca-baca dulu model pembelajaran yang menarik bagi siswa agar daya siswa untuk menunjukkan kersama yang baik. Suatu saat memang tidak mudah menentukan sebuah model pembelajaran yang cocok untuk digunakan dalam pembelajaran anak SD loh ya. Hasil searching saya di internet itu banyak sekali model pembelajaran yang berkonsep kerjasama antar kelompok, seperti STAD, TGT, NHT, dan masih banyak lagi. Nah setelah saya pertimbangkan kelebihan dan kekurangan setiap model pembelajaran tersebut akhirnya saya memilih model pembelajaran NHT atau dalam bahasa Inggris adalah Numbered Head Together. Model ini saya rasa cukup unik dan menambah tingkat partisipasi siswa dalam belajar dan dirasa lebih menunjukkan sikap sosial yang baik jika dilaksanakan dengan sistematis. 

Nah setelah itu saya mulai membuat bab pertama, dimana bab ini adalah bab yang penting sekali untuk menguatkan pendapat saya kepada dosen pembimbing saya agar diterima sebagai judul penelitian. pada tahap penyusunan awal, kita memang harus berusaha sekuat mungkin untuk membuat latar belakang yang bagus dan kuat dalam artian apa yang mendasari penelitian ini memang harus solutif dan logis. Oleh karena itu, kita harus sering-sering membaca artikel jurnal atau skripsi ataupun semua sumber media sering kita baca, agar pengetahuan kita semakin luas. Semakin banyak membaca, maka vocabulary atau perbendaharaan kata kita akan semakin bertambah dan akan berpengaruh terhadap kriteria bagus tidaknya kalimat-kalimat yang kita buat di bab awal ini. Mengapa hal ini perlu untuk memperbaiki tulisan kita setiap saat. Iya, dengan bahasa yang baku dan sistematis dan rinci, maka pembaca akan cepat memahami tulisan kita. Sehingga dosen akan cepat memahami tulisan kita di bab pertama pada skripsi kita. Dosen akan segera memahami apa kemauan kita. Apa yang kita ingin kan dari skripsi kita, dosen  akan cepat paham. Dosen akan segera menyetujui judul skripsimu.

Oh iya, sebenarsih saya ngggak mau panjang lebar. Saya hanya mau sharing hasil kerja saya selama hampir satu semester dalam mengerjakan skripsi saya. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together / NHT terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD adalah judul skripsi saya. Banyak sekali hiruk pikuk dalam menyusun tugas tersebut. Kalau sobat mau membaca skripsi saya, saya persilahkan. Asalkan tidak untuk plagiasi ya teman. Karena plagiasi itu sama dengan mencuri barang milik orang. Kalian bisa membaca skripsi lengkap saya di sini. 

Skripsi ini saya persembahkan untuk almamater tercinta UNIRA MALANG Universitas Islam Raden Rahmat Malang yang terletak di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang

Semoga artikel saya ini bisa bermanfaat.  

<script data-ad-client="ca-pub-3758680469023874" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f