Langsung ke konten utama

Pentingnya Inovasi dalam Pembelajaran

 


Pendidikan merupakan hal yang paling fundamental dalam pembentukan sebuah peradaban setiap  bangsa. Melalui pendidikan, yang berkualitas, maka sebuah bangsa atau Negara akan terjunjung martabatnya. Pendidikan tidaklah hanya berpacu pada hal teoritis yang harus dihafalkan oleh siswa, namu juga harus menyangkut hal-hal yang bersifat mempraktikkan ilmu

Oleh karena itu diperlukan sebuah strategi bagaimana pendidikan dapat menjadi media pembuka pola piker siswa bahwa ilmu yang telah dipelajari di sekolah sebenarnya itu memeiliki kebermaknaan dalam kehidap mereka sendiri, sehingga siswa bia mengubah sikap, pengetahuan, dan keterampilannya menjadi lebih baik.

Diperlukan sebuah kreasi pembelajaran yang diterapkan secara baik dan benar dan dilaksanak dengan hati yang ikhlas. Selain itu penyampaian materi harus disampaikan secara professional, logis, menyenangkan dan tanpa ada unsur memaksa siswa. Sehingga siswa akan lebih menikmati pembelajaran dengan baik.

Inovasi dalam ranah pembelajaran merupakan bentuk kreativitas pendidik yang semulanya pembelajaran itu monoton dan membosankan dirubah menjadi pembelajaran yang menyenangkan, kreatif, dan bermakna bagi peserta didik. Apalagi di era seperti ini, dimana perkembangan perangkat digital telah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Siswa kini sudah mampu mengakses berbagai informasi dari berbagi sumber di media internet. Oleh karena itu, pengadaan inovasi dalam pembelajaran menjadi sebuah hal baru dan penting. Berani menjadi guru, hendanya berani untuk berinovasi dalam pembelajaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f