Langsung ke konten utama

Tips membuat abstrak Skripsi penelitian kuantitatif


Hai, kembali lagi di blog curhatan saya. Semoga dengan curhatan ini yang dibantu dengan jemari yang bergoyang ini, tulisan saya bisa bermanfaat bagi anda semua.
Kali ini saya akan membagi informasi mengenai cara membuat abstrak. Oke disini saya menganggap anda semua adalah orang-orang yang jago dalam hal tulis menulis. Mengapa saya berkata demikian. Tentunya memberikan dorongan bagi anda semua untuk terus belajar menulis agar tulisan kita semakin bagus.
Ok langsung saja. Bahwa abstrak adalah penjelasan, gambaran, dan perincian mulai dari awal sampai akhir kesimpulan dari sebuah karya ilmiah. Usahakan abstrak mulai dari kalimat awal sampai akhir berada di satu halaman. Mengapa demikian, hal ini dikarenakan agar pembaca dalam hal ini adalah orang lain atau khalayak ramai dapat  dengan mudah memahami isi sebuah karya ilmiah yang berlembar-lembar bahkan ratusan lembar seperti halnya skripsi, tesis, maupun disertasi. Untuk makalah biasanya tidak disertai dengan abstrak. Hal ini dikarenakan makalah itu karya ilmiah yang pendek tak sepanjang skripsi, tesis, maupun disertasi.
Buatlah abstrak dengan urutan sebagai berikut:
  • Berilah judul ABSTRAK di tengah atas
  • Tulis nama penulis (nama lengkap tetapi dibalik, seperti penulisan nama penulis dalam daftar pustaka), tambahkan tahun pembuatan, lalu tambahakan judul karya anda dengan font italic/miring dengan penulisan sesuai dengan EYD, lalu tambahakan jurusan dan fakultas serta  nama universitas anda dan jangan lupa nama dosen pembimbing anda ya.
  • Berilah kata kunci atau Key words. Kata kunci menjadi poin penting dalam abstrak. Hal ini dikarenakan kata kunci bagaikan kunci rumah untuk membuka ada apa di dalam rumah ini. Jadi dengan kata kunci pembaca akan segera memahami apa yang ada di dalam tulisan anda. Pembaca tidak akan mungkin membaca mulai dari awal sampai akhir untuk mengetahui apa saja yang akan dibahas dalam karya anda. Next
  • Nah yang ini nggk kalah penting. Bahwa abstrak memiliki empat poin penting yaitu latar belakang, jenis penelitian, analisis data serta kesimpulan. Buatlah keempat poin penting tersebut menjadi empat paragraf. Perlu diingat bahwa satu paragraf terdiri dari minimal tiga kalimat.Tulislah dengan singkat dan jelas agar abstrak bisa ditulis dalam 1 halaman. Secara umum abstrak diberi spasi 1, jadi jangan diberi spasi lebih dari 1 spasi ya, agar dalam satu lembar bisa terpakai dengan maksimal.
Untuk lebih jelasnya andaboleh melihat penulisan abstrak saya sebagai pandangan refensi untuk menulis abstrak. Semoga tulisan saya bermanfaat bagi anda semua.

ABSTRAK

Na’im, Ahmad. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Raden Rahmat Malang. Pembimbing: Wuli Oktiningrum, M. Pd
Kata Kunci: Model pembelajaran, NHT, Hasil belajar

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran di kelas yang  tidak berlangsung secara inspiratif dan memotivasi peserta didik, serta siswa masih kesulitan dalam memahami materi dalam pembelajaran matematika, sehingga guru SD harus menyajikan konsep-konsep matematika secara menarik dan benar melalui model pembelajaran yang menarik. Menurut beberapa penelitian, salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) yang mana model model pembelajaran ini berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah 20 siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran NHT dan 20 siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan data penelitian memuat beberapa instrumen seperti  5 soal uraian, angket,dan dokumentasi. 
Analisis data penelitian ini menggunakan statistik parametris dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2010 dan SPSS 22. Hasil uji normalitas dengan metode Liliofors menunjukkan bahwa Lhitung  pretest kelas kontrol adalah 0,1519, Lhitung pretest kelas eksperimen adalah 0,179, Lhitung postest kelas kontrol adalah 0,144, dan Lhitung postest kelas eksperimen adalah 0,1703. Nilai Lhitung dari masing-masing pretest dan postest kelas kontrol dan eksperimen tersebut kurang dari Ltabel(α=0,05, N=20) 0,196 sehingga data telah memenuhi syarat berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas dengan menggunakan metode Homogenitas Variansi menunjukkan bahwa Fhitung nilai pretest kelas kontrol dan pretest kelas eksperimen adalah 1,037, sedangkan Fhitung nilai postest kelas kontrol dan postest kelas eksperimen adalah 1,195. Nilai Fhitung dari pretest dan postest kedua kelas tersebut kurang dari Ftabel(α=0,05, dk=19) 2,17, sehingga data telah memenuhi syarat berdistribusi homogen. Hasil uji Independent Sample t Test menunjukkan bahwa nilai thitung adalah 3,593. Sedangkan ttabel(α=0,05, N=40) adalah 2,021. Hal ini menunjukkan bahwa  thitung lebih besar dari tabel. Jadi disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Pengaruh tersebut terlihat pada selisih nilai rata-rata kedua kelas, dimana kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 53,6 sedangkan kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 63,8. Hasil angket juga menunjukkan bahwa siswa setuju terhadap penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di kelas mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f