Langsung ke konten utama

Pengertian Definisi Operasional pada penelitian kuantitatif

Hai. Salam sejahtera dan sehat bagi kita semua. Kali ini saya mau memberikan penjelasan mengenai apa itu yang dimaksud dengan definisi operasional dalam sebuah penelitian kuantitatif. Sebelumya saya jelaskan maksud dari penelitian kuantitatif ya. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan data berupa angka sebagai nilai atas variabel yang kita teliti. Misalkan kita akan meneliti pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa, maka nanti otomatis kita akan melihat nilai siswa sebagai acuan utama mengenai hasil belajar siswa, dan biasanya dalam menganalisis data nilai siswa dibantu dengan aplikasi seperti MS Excel dan adapula yang memakai program SPSS. 
<script data-ad-client="ca-pub-3758680469023874" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
Berdasarkan contoh judul skripsi “pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa” maka kita dapat menentukan variabel atau hal yang akan diteliti. Adapun variabelnya ada dua yaitu variabel model pembelajaran Numbered Head Together dan hasil belajar siswa. Nah setelah kita menentukan variabel, kita bisa menentukan apa saja definisi operasional dari kedua variabel tersebut. Perlu diingat, bahwa definisi operasional itu bersifat spesifik mengenai bagaimana dan  seperti apa variabel yang akan kita ukur. Dalam hal ini berarti apa yang dimaksud dengan model pembelajaran Numbered Head Together dan bagaimana langkah-langkah penerapannya berdasarkan penelitian yang hendak anda laksanakan. Dan jangan lupa memberikan penjelasan definisi operasional dari hasil belajar. Hasil bejar apakah yang hendak anda ukur. Bisa IPA, Matematika, bahasa, atau hal lain yang memang hendak anda ukur. Yang jelas definisi operasional itu menjelaskan apa yang anda teliti. Penjelasan mengenai apa dan bagaiman itu adalah refleksi dari penjelasan dari berbagai pendapat ahli dan boleh dikurangi maupun ditambahkan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Mengingat hal itulah setiap penelitian meskipun memiliki variabel yang sama namun pasti mutlak memiliki definisi operasional yang berbeda-beda dan spesifik. Misalkan menurut ahli A bahwa model pembelajaran Numbered Head Together memiliki 6 prosedur pelaksanaan, kita bisa menambahkan atau mengurangi prosedur model pembelajaran Numbered Head Together agar penelitian bisa terlaksana dengan baik. Selain itu definisi operasional dari hasil belajar tadi juga harus spesifik. Misalkan dalam penelitian saya, saya akan munguku hasil belajar matematika, jadi definisi operasionalnya adalah nilai atau skor yang diperoleh siswa dari hasil postes.hasil belajar  yang diukur dalam penelitan ini adalah ranah kognitif pada mata pelajaran matematika kelas V SD pada sub bahasan volume kubus dan balok.
Hal ini disesuaikan dengan kondisi objek yang hendak diteliti. 
Intinya seperti itu. Toh penelitian di dunia pendidikan tidak sulit kok. Asalkan kita memang niat disitu pasti ada jalan untuk mengerjakan tugas akhir anda. Semangat untuk lulus kuliah tahun ini ya. hehe
<script data-ad-client="ca-pub-3758680469023874" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f