Hai selamat pagi sahabat tugas kuliah. Kali ini saya punya ilmu yang hendak saya bagikan kepada semua sahabat tentang apa sih model pembelajaran itu. Bapak ibu guru mungkin pada paham semua apa itu model pembelajaran, namun bagi mahasiswa semester wal tentunya agak asing ya.
“emangnya apa model pembelajan itu, emangnya kamu tahu? ”
Ahahaa..ya meskipun gini rada sedikit paham sih kalau kita pernah membaca buku mengenai pembelajaran.
“oh, okelah coba kamu jelaskan”
Oke, sahabatku yang lagi online. Model pembelajaran itu adalah tentang tata cara apa yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam melaksanakan pembelajaran. Kalau menurut ahli itu seperti berikut ini. Disimak dengan baik ya. Siapa tahu bermanfaat bagi anda yang sedang berkecimpung dengan pembejaran.
Model pembelajaran kooperatif merupakan sebuah sistem yang memuat berbagai elemen. Menurut Abdurrahman & Bintoro (dalam Nurhadi, dkk., 2004:61), elemen-elemen model pembelajaran kooperatif tersebut meliputi: (1) saling ketergantungan positif, (2) interaksi tatap muka, (3) akuntabilitas individu, dan (4) keterampilan untuk menjalin hubungan antar individu atau keterampilan sosial yang secara sengaja diajarkan dalam pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif adalah kerangka sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar yang membutuhkan eksistensi individu dalam kelompok untuk bekerjasama dalam menyelesaikan tugas akademik yang ditentukan.
Jadi itu tadi penjelasan mengenai makna model pembelajaran kooperatif . Semoga bermanfaat ya
Menurut Rohmawati (2012:24) pembelajaran kooperatif atau cooperative learning adalah sebuah grup kecil yang bekerja sama sebagai sebuah tim untuk memecahkan masalah (solve a problem), melengkapi latihan (complete task), atau untuk mencapai tujuan tertentu. Sehingga seluruh anggota kelompok dapat menguasai materi pelajaran dengan baik.
Sumber pustaka
Nurhadi, Yasin, B., & Senduk, A. G. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya (Contextual Teaching and learning ) dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rohmawati, E. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Keceme I Kecamatan Sleman. Yogyakarta: Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta.
Komentar
Posting Komentar