Langsung ke konten utama

Skripsi Uji T Saling Bebas / Independent T Test



PERBEDAAN NILAI UJIAN AKHIR SEMESTER SATU MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM  ANTARA  SISWA SMK MIFTAHUL HUDA KELAS XI KEPERAWATAN YANG MONDOK DI PONDOK PESANTREN DAN SISWA  SMK MIFTAHUL HUDA KELAS XI KEPERAWATAN  YANG TIDAK  MONDOK DI  PONDOK PESANTREN
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SKRIPSI MINI


 
UNIRA MALANG

Oleh:
Ahmad Na’im
1586206004






PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG

DESEMBER, 2016



Judul    :
PERBEDAAN NILAI UJIAN AKHIR SEMESTER SATU MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM  ANTARA  SISWA SMK MIFTAHUL HUDA KELAS XI KEPERAWATAN YANG MONDOK DI PONDOK PESANTREN DAN SISWA  SMK MIFTAHUL HUDA KELAS XI KEPERAWATAN  YANG TIDAK  MONDOK DI  PONDOK PESANTREN
TAHUN PELAJARAN 2016/2017






2.      Hipotesis
H0  : Terdapat kesamaan nilai yang signifikan
H1  : Tidak terdapat kesamaan  nilai yang signifikan
Cara pengambilan keputusan:
1.      Ho diterima jika nilai Signifikansi (2 tailed) > 0,05
2.      Ho ditolak jika nilai Signifikansi (2 tailed) < 0,05


3.     
Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Huda Jalan Mojosari 3 Kepanjen Malang

Subjek dan Objek Penelitian  

Nama sekolah        : 

Kelas                     :  XI  Keperawatan

Jumlah siswa         : 60 Siswa: 30 Siswa XI Keperawatan yang mondok di Pesantren dan 30  Siswa XI Keperawatan yang tidak mondok di pondok pesantren)



4.      Uji Prasyarat
4.1  Uji normalitas data nilai UAS kelas XI  Keperawatan mata pelajaran Agama Islam yang mondok di pesantren dan yang tidak mondok
a.      Uji normalitas nilai siswa pondok
Data 1. Siswa pondok
NOMOR
NAMA SISWA
NILAI
1
Gani
90
2
Sofyan
80
3
Humam
80
4
Siti
88
5
Anisa
90
6
Yuda
90
7
Rizqi
85
8
Joni
87
9
Doni
88
10
Rangga
80
11
Wulandari
80
12
Cici
90
13
Diva
98
14
Fitri
92
15
Edi
90
16
Ningrum
81
17
Diana
88
18
Ulvi
88
19
Afi
82
20
Zahra
90
21
Karisma
90
22
Zumroh
95
23
Angga
97
24
Diki
89
25
Rizal
80
26
Zain
84
27
Rozi
86
28
Fahmi
89
29
Ilyas
87
30
Umah
86

Uji normalitas di dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS dengan menghasilkan out put sebagai berikut:

Tests of Normality

Kolmogorov-Smirnova
Shapiro-Wilk
Statistic
df
Sig.
Statistic
df
Sig.
Nilai
,189
30
,008
,937
30
,078
a. Lilliefors Significance Correction
            Penjelasan:
1.      Test of  Normality adalah tes yang di gunakan untuk mengetahui ke normalan data. Data yang normal adalah data yang memiliki nilai range yang kecil. 
2.      df adalah jumlah data nilai yang diambil, yaitu sebanyak  30 data nilai maka yang digunakan adalah tes Shapiro-Wilk  dengan ketentuan bahwa: jika nilai signifikasi Shapiro-Wilk  bernilai lebih dari 0,05 maka data dianggap normal.
3.      Dari hasil out put dari Test of  Normality  dapat dijelaskan bahwa: nilai signifikasi pada tes Shapiro-Wilk adalah 0,078.
4.      Karena nilai signifikansinya 0,078 lebih dari 0,05 maka data nilai siswa SMK Keperawatan yang mondok tersebut normal.

b.      Uji normalitas nilai bukan siswa pondok
Data 2. Siswa tidak mondok
Nomor
Nama siswa
Nilai
1
Iwan
84
2
Nia
80
3
Santika
83
4
Taufiq
75
5
Fatma
78
6
Darma
82
7
Zahra
84
8
Mufida
85
9
Aziz
76
10
Khoiriyah
75
11
Ekawati
78
12
Nurhayati
86
13
Nurul
80
14
Priska
76
15
Muslikha
85
16
Riska
80
17
Siti
77
18
Sumariyanto
78
19
Novi
85
20
Ulva
77
21
Affin
83
22
Ilham
88
23
Abi
80
24
Ayyub
75
25
Ana
88
26
Rosi
88
27
Joan
84
28
Harfi
86
29
Candra
82
30
Susi
77

a.      Uji normalitas           
Tests of Normality

Kolmogorov-Smirnova
Shapiro-Wilk
Statistic
df
Sig.
Statistic
df
Sig.
Nilai
,140
30
,139
,932
30
,057
a. Lilliefors Significance Correction
            Penjelasan:
1.      Test of  Normality adalah tes yang di gunakan untuk mengetahui ke normalan data. data yang normal adalah data yang memiliki nilai range yang kecil. 
2.      df adalah jumlah data nilai yang diambil, yaitu sebanyak  30 data nilai maka yang digunakan adalah tes Shapiro-Wilk  dengan ketentuan bahwa: jika nilai signifikasi Shapiro-Wilk  bernilai lebih dari 0,05 maka data dianggap normal.
3.      Dari hasil out put dari Test of  Normality  dapat dijelaskan bahwa nilai signifikasi pada tes Shapiro-Wilk adalah 0,057.
4.      Karena nilai signifikansinya 0,057 lebih dari 0,05 maka data nilai siswa SMK Keperawatan yang tidak mondok tersebut normal.


4.2  Uji homogenitas data nilai UAS Kelas XI  Keperawatan mata pelajaran Agama Islam antara siswa pondok dan bukan siswa pondok
Data 3. Nilai siswa pondok dan bukan siswa pondok
Nomor
Siswa Pondok
Bukan siswa pondok
1
90
84
2
80
80
3
80
83
4
88
75
5
90
78
6
90
82
7
85
84
8
87
85
9
88
76
10
80
75
11
80
78
12
90
86
13
98
80
14
92
76
15
90
85
16
81
80
17
88
77
18
88
78
19
82
85
20
90
77
21
90
83
22
95
88
23
97
80
24
89
75
25
80
88
26
84
88
27
86
84
28
89
86
29
87
82
30
86
77

Uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan uji Statistik deskriptif menggunakan fitur Explore.  Hasil penghitungannya adalah sebagai berikut
Keterangan: Jika nilai signifikansi lebih dari 0,05, maka data homogen.
Hasil out put: nilai signifikansi bernilai 0,852
Kesimpulan: Data homogen

5.      Uji Hipotesis
Uji hipotesis yang digunakan untuk mengetahui perbedaan antara kedua nilai siswa pondok dan bukan siswa pondok, yaitu dengan menggunakan uji One-Sample  Independent t Test. Adapun hasil penghitungannya adalah berikut in.

5.1  Penjelasan:
1.      Jumlah total data yang dihitung adalah 60 data nilai dimana ada 30 siswa yang mondok dan 30 siswa yang tidak mondok.
2.      Nilai rata-rata dari kelas pondok adalah 87,6 dengan  standar deviasi 5,028 dan nilai standar error 0,918
3.      Nilai rata-rata dari kelas bukan pondok adalah 86,07 dengan  standar deviasi 5,388 dan nilai standar error 0,984
4.      Nilai uji F adalah 0,642
5.      Nilai uji t adalah 1,14
6.      Nilai Signifikansi 0,425 lebih besar dari 0,05 maka data tersebut homogen
7.      df adalah derajat kebebasan yaitu 58
8.      Perbedaan rata-ratanya adalah sebesar 1,533
9.      Perbedaan standar error adalah bernilai1,34

6.      Kesimpulan
a.      Menerima H0
b.      Terdapat kesamaan nilai yang signifikan
c.       Jadi, tidak ada perbedaan yang signifikan antara nilai ujian akhir semester dua mata pelajaran Agama Islam  antara  siswa SMK MIFTAHUL HUDA kelas XI keperawatan yang mondok di pondok pesantren dan siswa  SMK MIFTAHUL HUDA kelas XI keperawatan  yang tidak  mondok di  pondok pesantren

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f