Langsung ke konten utama

Gerak Nasti Putri Malu Mimosa Pudica



LAPORAN PENELITIAN

GERAK PADA PUTRI MALU


            Nama               : Ahmad Na’im
            NIM                : 1586206004
            Prodi               : PGSD A 3
            Matkul             : IPA 2 SD

A.    Rumusan Masalah
Apakah tumbuhan putri malu dapat bergerak ketika disentuh?

B.     Hipotesis
Tumbuhan putri malu dapat bergerak ketika disentuh

C.    Bukti

gambar 1Putri Malu sebelum di sentuh
gambar 2 Putri Malu ketika di sentuh
gambar 3 Putri Malu setelah di sentuh

 Penelitian terhadap tumbuhan putri malu dilakukan sekitar jam 8 pagi. Tumbuhan putri malu ketika itu berada di tempat yang teduh dengan sedikit embun.
Dari hasil penelitian, penulis mendapatkan sebuah fenomena bahwa ketika tumbuhan putri malu sebelum disentuh, kondisi daunnya dalam keadaan terbuka lebar seperti biasanya. Namun, ketika disentuh dengan menggunakan bolpoin, tumbuhan putri malu dengan seketika menutup helian daunnya dan diikuti dengan pembengkokan kearah bawah pada tangkai daunnya, sehingga keseluruhan daun tumbuhan putri malu menutup.

D.    Pengujian Hipotesis
Berdasarkan data hasil penelitian yang menerangkan bahwa ketika disentuh dengan menggunakan bolpoin, tumbuhan putri malu dengan seketika menutup helian daunnya dan diikuti dengan pembengkokan kearah bawah pada tangkai daunnya, sehingga keseluruhan daun tumbuhan putri malu menutup.
Hal ini menurut International Journal of  Pharm. & Life Sci. (IJPLS), Vol. 2, Issue 11 November  2011, bahwa putri malu(Mimosa Pudica) adalah tanaman thigmonastic yang bereaksi dalam menanggapi stres seperti elektrostimulasi, luka, angin, getaran, sentuhan, kekeringan, perubahan pencahayaan , dan rangsangan panas atau dingin. Mimosa Pudica  bereaksi terhadap rangsangan tersebut dengan menutupnya daun dan menurunnya tangkai daun. Hal ini berlaku umum bahwa gerakan-gerakan tersebut menurut International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, Vol. 1, Issue 2, Oct-Dec. 2009,  disebabkan oleh berkurangnya atau tiba-tiba kehilangan turgor dalam sel motorik.
E.     Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian penulis dan dengan membandingkan hasil penelitan tersebut dengan  jurnal penelitian, maka penulis bisa menarik kesimpulan bahwa daun putri malu dapat menutup daunnya ketika di sentuh karena tumbuhan putri malu termasuk dalam tumbuhan seismonasti dan ketika di sentuh akan kehilangan gaya turgor dalam sel motoriknya sehingga daun –daunnya menutup.

F.     Daftar Rujukan
International Journal of  Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, Vol. 1, Issue 2, Oct-Dec. 2009. Mimosa Pudica L. A Sensitive Plant.(online). (http://ijppsjournal.com/Vol1Issue2/152%20R1.pdf diakses tanggal 11 September 2016)
International Journal of  Pharm. & Life Sci. (IJPLS), Vol. 2, Issue 11 November  2011. Pharmacological and Biological Overview on Mimosa Pudica Linn.(online).(http://www.ijplsjournal.com/issues%20PDF%20files/nov2011/9.pdf diakses tanggal 11 September 2016)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f