Langsung ke konten utama

50 SOAL AKIDAH AKHLAK KELAS 4 KURIKULUM PONDOK MODERN

 Akhlak pada perkembangan awal masa kanak-kanak merupakan sebuah hal penting yang wajib kita pahami sebagai pendidik. apalagi jika kita berkecimpung di dunia pendidikan atau kini telah menjadi orang tua dari satu atau beberapa putra putri kita saat ini. Perkembangan zaman mungkin boleh selalu mengalami perkembangan yang semakin maju, namun akhlak tidak boleh di kesampingkan dengan urusan atau hal lain yang malah akan merusak moral anak. 

Akidah Akhlak

 

Pada pendidikan dasar yang berorientasi pada pendidikan pondok pesantren tentu terdapat pendidikan akhlak lil banin. Pendidikan ini merupakan penjabaran mengenai bagaimana bertingkah laku yang baik sesuai dengan akidah Islam. Salah satunya adalah bersikap malu ketika melakukan sebuah kesalahan.

Pada kesempatan kali ini saya akan mmembagikan beberapa soal kurang lebih 50 soal pilihan ganda mengenai pendidikan akhlak yang mencakup perilaku malu yang benar dan perilaku malu yang tidak benar, lalu juga ada soal mengenai sikap jujur dan sikap berdusta yang perlu kita jauhi.

Sebagai pendidik saya mengucapkan rasa syukur yang sebesar-besarnya kepada para pengunjung blog saya. semoga kumpulan soal ini bisa bermanfaat sebagai referensi bagi pendidik dalam menyiapkan soal dan jawaban saat melaksanakan penilaian terhadap pembelajaran akhlak di sekolah.

Tidak usah panjang lebar ya. Berikut adalah 50 soal Akidah Akhlak kelas 4 SD/MI semester 1 kurikulum pondok. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.


Pilihlah jawaban yang benar!
1.    Perasaan harga diri seseorang menurun karena merasa melanggar aturan adalah pengertian dari rasa…
a.    Sombong
b.    syukur
c.    Malu
d.    Jujur
2.    Malu adalah bagian dari iman. Iman tempatnya di Surga sedangkan perilaku kasar tempatnya di….
a.    Neraka
b.    Surga
c.    Firdaus
d.    Alam kubur
3.    Sikap malu yang benar adalah….
a.    malu bila tidak sholat
b.    malu apabila beribadah
c.    malu apabila berkata sesuai dengan kenyataan
d.    malu  jika berpuasa di bulan Ramadhan
4.    Berikut yang termasuk rasa malu yang tidak benar adala….
a.    malu bila tidak sholat
b.    malu apabila berlaku sopan
c.    malu bila tidak jujur dengan lisan dan perbuatan
d.    malu tidak berpuasa dibulan ramadhan
5.    Contoh rasa malu yang benar adalah
a.    Udin membantu ibu menyapu  karena ingin mendapatkan uang saku
b.    Belajar demi mendapatkan juara kelas
c.    Tidak mengejek teman yang belum mengerjakan tugas
d.    Tono merasa malu karena telah meninggalkan sholat fardhu
6.    Doni berasal dari keluarga yang kurang mampu, namun Doni sering  bergaya seakan-akan menjadi anak orang kaya. Termasuk sikap apa yang dilakukan oleh Doni tersebut…
a.    Pemalu
b.    Tidak tahu malu
c.    Qona’ah
d.    jujur
7.    Rasa tidak tahu malu merupakan sikap yang tercela atau sikap buruk, sehingga kita harus…
a.    Lakukan
b.    Tiru
c.    Contoh
d.    Jauhi
8.    Menerima segala ketentuan Allah SWT dengan rasa lapang dada dan dengan penuh kesabaran adalah pengertian dari….
a.    sombong
b.    Toleransi
c.    Qona’ah
d.    Syukur
9.    Kebalikan sifat qana’ah adalah ....
a.    pemboros
b.    serakah
c.    dermawan
d.    tenteram

10.    Sifat qanaah dapat menjadikan hidup seseorang menjadi …..
a.    tamak
b.    miskin
c.    tenteram
d.    kaya

11.    Sikap orang yang suka menerima dengan lapang dada dalam Islam disebut ....
a.    qanaah
b.    tawaduk
c.    takabur
d.    istiqomah

12.    Bukanlah orang yang kaya itu karena banyak hartanya, tetapi orang yang kaya sebenarnya adalah orang yang ….
a.    Kaya hatinya
b.    Banyak hartanya
c.    Memiliki warisan banyak dari orang tuanya
d.    Memiliki rumah dan mobil yang banyak
13.    Setiap makhluk diberikan rezeki oleh Allah dengan ukuran yang  ....
a.    berbeda-beda
b.    sama
c.    selalu berlebihan
d.    selalu kurang
14.    Sikap kita dalam menerima rezeki dari Allah yaitu menerima dengan rasa ....
a.    syukur
b.    takabur
c.    suudzon
d.    mengeluh
15.    Allah SWT akan menambahkan nikmat kepada orang yang....
a.    mau bersyukur
b.    kufur
c.    munafik
d.    kafir
16.    Ancaman Allah SWT terhadap orang yang tidak mau bersyukur adalah....
a.    kehidupan di surga
b.    siksa yang sangat pedih
c.    kehidupan bahagia di akhirat
d.    kemuliaan di akhirat
17.    Berikut yang termasuk contoh sifat qona’ah adalah…..
a.    Menjawab soal ujian dengan mencari jawaban dari teman
b.    Belajar dengan giat meskipun tidak selalu mendapatkan uang saku
c.    Meminta uang saku untuk membeli alat tulis
d.    Meminta uang saku lebih dari orang tua
18.    Zahra adalah seorang santri di sebuah pondok pesantren. Ia tidak sering dijenguk oleh kedua orang tuanya, namun ia tetap melaksanakan kewajibannya untuk belajar dan selalu belajar menerima keadaan tersebut. Sikap apakah yang ditunjukkan oleh Zahra?
a.    Qona’ah
b.    Jujur
c.    Ceroboh
d.    Rakus
19.    Mengungkapkan sesuatu kebenaran apa adanya tanpa menambah atau mengurangi kebenaran itu sendiri disebut…..
a.    Qona’ah
b.    Jujur
c.    Ceroboh
d.    rakus
20.    Edo dititipi uang saku oleh teman sekelasnya. Ketika jam istirahat ia tidak sengaja menggunakan uang tersebut untuk jajan. Sikap apa yang seharusnya dilakukan oleh Edo?
a.    Menutupi kesalahan dirinya
b.    Meminta maaf dan mengganti uang temannya tersebut
c.    Tidak memberitahu kalau uang tersebut telah habis
d.    Mengatakan kalau uang saku tersebut hilang
21.    Diantara sikap jujur ketika menuntut ilmu yaitu ....
a.    tidak mengurangi takaran
b.    tidak mencontek saat ujian
c.    tidak melebihkan pinjaman
d.    tidak menyakiti hati penerima sedekah
22.    Dampak positif orang yang jujur, diantaranya....
a.    dapat menyelesaikan setiap masalah
b.    diagung-agungkan masyarakat
c.    banyak diberi hadiah
d.    dipercaya orang lain
23.    Berkata atau memberikan sesuatu informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan dan kebenaran disebut ....
a.    jujur
b.    tawaduk
c.    zuhud
d.    berbohong
24.    Sesungguhnya jujur adalah ....
a.    bisikan hati
b.    kesengsaraan jiwa
c.    bisikan malaikat
d.    ketenangan hati
25.    Jika menjadi saksi dalam suatu perkara, maka hendaknya menjadi saksi yang ....
a.    adil dan jujur
b.    adil dan pandai bicara
c.    jujur dan pandai bicara
d.    meringankan terdakwa
26.    Orang yang tidak jujur atau dusta disebut sebagai orang munafik. Salah satu ciri orang munafik adalah .....
a.    jika berbuat ingin dilihat
b.    jika berjanji tidak ditepati
c.    jika bertindak selalu benar
d.    jika dipercaya ia amanah
27.    Nabi Muhammad SAW mendapat gelar ..... karena kejujurannya.
a.    tabligh
b.    amanah
c.    fatanah
d.    al-amin
28.    Seseorang penjual tidak mengurangi takaran dan timbangan dalam jual beli, merupakan salah satu bentuk kejujuran dalam hal ....
a.    berdagang
b.    perkataan
c.    menepati janji
d.    berpenampilan
29.    Berikut ini perilaku tidak jujur yang tergolong dosa besar adalah .....
a.    berdusta kepada musuh ketika peperangan
b.    mengerjakan pr di sekolah
c.    membohongi teman
d.    memberikan kesaksian palsu
30.    Orang yang memiliki sikap jujur ketika berjanji, maka ia akan ....
a.    mengabaikan
b.    mengingkari
c.    menepati
d.    menunda

31.    Kesabaran adalah akhlak yang…..
a.    tercela
b.    buruk
c.    terpuji
d.    jelek
32.    Kesabaran terbagi menjadi………. macam
a.    1
b.    2
c.    3
d.    4
33.    Ulul Azmi adalah gelar bagi nabi yang memiliki …… yang luar biasa.
a.    kesabaran
b.    keimanan
c.    kejujuran
d.    kerendahan hati
34.    Bersabar dalam melaksanakan sholat fardhu adalah contoh sabar dalam…..
a.    melaksanakan ibadah
b.    meninggalkan maksiat
c.    menghadapi musibah
d.    menghadapi cobaan
35.    Sifat qanaah dapat menjadikan seseorang hidup menjadi …..
a.    susah
b.    bahagia
c.    sesat
d.    miskin
36.    Sikap kita ketika menerima rezeki dari Allah SWT adalah …...
a.    berburuk sangka kepada Allah SWT
b.    bersyukur atas segala rizki Allah SWT
c.    menggunakan rizki tersebut secara berlebihan
d.    tidak mensyukuri rizki Allah SWT
37.    Jika kita tidak pernah puasa Ramadhan, maka seharusnya kita bersikap….
a.    bangga
b.    senang
c.    tidak malu
d.    malu
38.    Nabi Muhammad SAW adalah nabi yang paling jujur, sehingga beliau diberi gelar …..
a.    al-Malik
b.    al-Amin
c.    as-Shiddiq
d.    al-Amanah
39.    Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati akan diminta pertanggungjawaban oleh ……..
a.    Malaikat
b.    Allah SWT
c.    Nabi Muhammad SAW
d.    Syaithon
40.    Sebagai umat Islam, kita hendaknya berperilaku yang …..
a.    buruk
b.    baik
c.    jahat
d.    sombong
41.    Makna dari rasa malu adalah ….
a.    merasa harga diri menurun dan bersalah ketika melanggar aturan agama islam
b.    merasa bangga akan prestasi yang telah dicapai
c.    merasa dirinya paling jelek diantara teman sekelas
d.    merasa dirinya paling sempurna diantara teman sekelas
42.    Sikap orang yang suka menerima dengan lapang dada dalam agama Islam disebut ....
a.    qanaah
b.    tawaduk
c.    takabur
d.    istiqomah
43.    ketika kita memiliki uang saku yang cukup, maka kita harus….
a.    membeli jajanan di sekolah sepuasnya
b.    menghabiskan uang saku tersebut
c.    bersyukur dan tidak menggunakannya secara berlebihan
d.    mentraktir semua teman sekelas
44.    Di dalam agama Islam, umat islam dilarang ….
a.    kaya
b.    pintar
c.    serakah dan tamak
d.    menjadi pengusaha
45.    Sikap kita ketika diberi amanah dari orang lain adalah…
a.    menyampaikan amanah tersebut secara jujur
b.    mengingkari amanah tersebut
c.    tidak memperdulikan amanah yang telah diterima
d.    enggan menyampaikan amanah
46.    Alasan mengapa kita harus bersikap jujur adalah karena …
a.    agar tidak merugikan orang lain
b.    agar susah mendapat kepercayaan
c.    agar dipuji teman
d.    agar menjadi idola di kelas
47.    Hukum berbohong adalah ….
a.    boleh
b.    sunah
c.    dilarang
d.    wajib
48.    Menjadi seorang siswa,  maka harus memiliki sikap yang terpuji seperti ….
a.    jujur, qonaah, dan memiliki rasa malu
b.    jujur, dengki, dan memiliki rasa malu
c.    jujur, qonaah, dan sombong
d.    qonaah, berdusta, dan sombong
49.    Sikap yang dilarang untuk dilakukan oleh seorang muslim adalah ….
a.    gelisah
b.    percaya diri
c.    rendah hati
d.    taat beribadah
50.    Sikap yang wajib untuk dicontoh adalah…..
a.    jujur, dengki, dan tidak memiliki rasa malu
b.    jujur, qonaah, dan sombong
c.    qonaah, berdusta, dan sombong
d.    jujur, amanah, dan qonaah

Anda juga bisa mendownload file soal akidah akhlak tersebut di link dibawah ini

Download DOC 

 Terima kasih semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Problem Based Learning And Project-Based Learning Sebagai Ujung Tombak Kurikulum 2013

Sumber: meteoreducation.com      Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat fundamental. Mengingat pendidikan menjadi ujung tombak maju tidaknya sebuah peradaban, maka suatu bangsa atau negara akan mengusahakan hal yang terbaik bagi warga negaranya agar mendapatkan pendidikan yang layak dan memiliki standar yang tinggi. Peradaban sekarang kini juga semakin maju. Anak didik tidak hanya butuh pengetahuan teoritis seperti menulis, menghafal, dan berhitung. Namun kini peserta didik membutuhkan ilmu dalam bersikap dan ilmu dalam mempraktikkan segala teori yang telah ia pelajari di sekolah.       Pendidikan memang harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memback-up dari akar hingga ujungnya, yakni mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pendidikan tersebut harus memiliki kaidah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini penting karena setiap zaman ada penghuninya yang tidak sama. Setiap zaman ke zaman pasti ada kebuthan khusus yang harus dipenuhi masyarakat agar

PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN

    PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN ACUAN PENILAIAN MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Yang dibimbing oleh Ifa Nurhayati, M.Pd Oleh: 1.       Ahmad Na’im            ( 1586206004 ) 2.       Siska Dwi Puspitasari (1586206063)                                            PROGRAM STUDI SI PGSD      FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN      UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG OKTOBER 2016   Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan  rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan tepat pada waktunya, makalah ini berjudul “Prinsip-Prinsip Penilaian dan Acauan Penilaian”             Makalah ini berisikan tentang prinsip-prinsip penilaian dan acuan penilaian yang ada didalam materi evaluasi pembelajaran di SD. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informas

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE

  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FAKTOR NATURE DAN NURTURE BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dewasa ini banyak para pendidik yang kurang perhatian dalam mempelajari pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didik yang sebenarnya sangat berguna demi kelancaran proses pembelajaran. Dengan kurang fahamnya pendidik dengan pola pertumbuhan maupun perkembangan peserta didiknya   maka akan terjadi beberapa hambatan dalam proses pembelajaran seperti : kurang difahaminya materi yang disampaikan pendidik. Disamping itu, kami membuat makalah ini dengan harapan agar penulis dapat lebih mendalam lagi dalam mempelajari perkembangan peserta didik guna mendukung metode pembelajaran kelak. B.      Rumusan Masalah Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain : a.        Factor – factor apa saja yang mempengaruhi perkembangan b.       Apa pengaruh f